Cegah Sejak Dini! Pentingnya Pemahaman Kanker Serviks dan Kesehatan Reproduksi untuk Indonesia Emas 2045

Senin 30-09-2024,16:19 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

BACA JUGA:Kenali Gaya Hidup yang Bisa Mengancam Kesehatan Reproduksi, Capai Kualitas Optimal

 

Salah satu mata acara pada Bincang Sehat ini adalah adanya Skrining HPV Massal yang sukses dilakukan kepada 175 Anggota Dharma Pertiwi sebagai bagian dari langkah kongkrit upaya pencegahan infeksi HPV dan deteksi sedini mungkin Kanker Serviks yang rentan mengancam Kesehatan Perempuan Indonesia. 

Indi Barends mengatakan "Kesehatan alat produksi kewanitaan itu sangat penting dan vital untuk wanita terutama kaum ibu-ibu. Harus periksa papsmear rutin, vaksin kesehatan juga, jangan sampe lupa kalau makan 3 hari sekali aja gak lupa, jadi harus diperhatikan betul," ucapnya seraya tertawa.

Prof Budi Wiweko bilang bahwa penyakit kanker mulut rahim itu tidak terjadi serta merta, prosesnya itu sudah cukup lama ya, virusnya itu sudah 10 tahun menginkubasi lalu terdeteksi ketika sudah sakit.

Sementara itu, Evi Agus Subiyanto selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi mengatakan bahwa tumor itu terbentuk seperti benjolan. Dan jika benjolan berkembang dengan cepat dan ganas maka akan terjadi kanker. Untuk itu perlu ada penanganan sejak dini dan melakukan pengobatan sebelum menjadi ganas.

Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan dapat mencontoh teladan baik dari Dharma Pertiwi dalam mendeteksi dini Kanker Serviks dan Infeksi HPV. 

Metode pemeriksaan yang dilakukan merupakan pemeriksaan mutakhir dengan pendekatan genetik namun tidak invasif karena hanya melalui pemeriksaan urin.  

Sehingga dilakukan dengan cepat, akurat, dan nyaman untuk dikerjakan bagi pasien. 

Bincang Sehat akan diakhiriini juga akan disertai dengan peluncuran buku karya Ibu Evi Agus Subiyanto dan Prof. Budi Wiweko tentang kesehatan reproduksi dan penyakit kanker serviks bagi bagi isteri perempuan prajurit. 

Buku yang diluncurkan membahas secara komprehensif mulai dari infeksi HPV, Kanker Serviks, Harmoni Hormon dalam tubuh Perempuan, hingga membahas mengenai Pola Hidup Sehat dan Kisah Inspiratif oleh Ibu Evi Agus Subiyanto. 

Dengan adanya bincang sehat iniBincang sehat ini diharapkan mampu membantu terwujudnya visi perempuan unggul menuju Indonesia Emas 2045.Acara ini disponsori oleh PT. Bio Farma (Persero), PT. Harsen Laboratories, dan Besins Healthcare.

Kategori :