Cegah Sejak Dini! Pentingnya Pemahaman Kanker Serviks dan Kesehatan Reproduksi untuk Indonesia Emas 2045

Senin 30-09-2024,16:19 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Isu Kesehatan menjadi salah satu isu penting yang menjadi perhatian pemerintah dalam menuju perjalanan Indonesia Emas 2045.

Tujuannya untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa, yang memiliki Kesehatan dan kesiapan secara mental dan fisik.

Tentu saja hal ini tidak bisa terjadi secara instan, melainkan harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum pernikahan, sebelum kehamilan, dalam masa kandungan, hingga Waktu kelahiran.

BACA JUGA:Waspada! Virus HPV Penyebab Kanker Serviks dan Kutil: Cegah Agar Rahim di Kandungan Selamat

BACA JUGA:Wanita Wajib Waspada! Kenali Penyebab Kanker Serviks dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Peran ibu dan perempuan disini sangatlah penting, perlunya mengkampanyekan secara efektif pengetahuan tentang kesehatan organ reproduksi dan pemahaman yang benar tentang KB perencanaan keluarga bagi perempuan sebagai calon ibu. 

Seorang calon ibu juga harus menjaga kesehatan mental dan jasmaninya, agar mampu melahirkan generasi berkualitas.

Salah satu ancaman serius dalam kesehatan reproduksi wanita adalah kanker serviks yang disebabkan infeksi Human Papillomavirus (HPV). 

Di Indonesia, angka penderita kanker serviks kian mengkhawatirkan. Jumlah kasusnya mencapai 17,2% dari seluruh kanker pada wanita, dengan angka kematian 19,1% dari seluruh kematian akibat kanker (sumber: Kemenkes RI, 2023).

Agar perempuan lebih aware memahami dengan issu-issuisu kesehatan ini, Dharma Pertiwi TNI turut membuat langkah konkret memberikan edukasi kepada masyarakat luas Anggota Dharma Pertiwi sekaligus sebagai teladan masyarakat secara luas, dengan menggandeng Institusi Akademis dan Profesi Kesehatan yang berfokus pada Kesehatan Perempuan Indonesia, dengan berkolaborasi bersama akademisi di bidang kesehatan. 

TNI Manunggal Bersama Rakyat, begitu pun dengan Dharma Pertiwi, berupaya membantu mengkampanyekan kesehatan reproduksi lewat melalui kegiatan Bincang Sehat dengan tema “Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi, dan Kanker Serviks Peduli Kesehatan Perempuan Indonesia Khususnya Bagi Isteri Prajurit TNI”. 

Tema tersebut meliputi pemahaman yang benar komprehensif tentang kesehatan reproduksi, KB perencanaan keluarga, dan diharapkan memicu memantik kesadaran untuk melakukan skrining HPV sebagai bentuk deteksi dini pencegahan penyakit kanker serviksupaya peningkatan kesehatan perempuan khususnya bagi Istri Anggota TNI.

Acara Bincang Sehat menghadirkan narasumber utama Ketua Umum Dharma Pertiwi, Evi Agus Subiyanto, dan pakar kesehatan reproduksi dan perempuan dunia sekaligus Ketua Senat Akademik Universitas Indonesia, Prof. DrDR. Ddr. Budi Wiweko, SpOG, Subs. FER, MPH, Int.Aff.FRANZCOG (Hons), FICRM, dan pakar kesehatan onkologi kandungan RSPAD Gatot Soebroto, dr. Triskawati Indang Dewi, SpOG, Subs.Onk. Acara ini digelar tanggal 30 September 2024 pukul 089.00 sampai hingga selesai 13.00 WIB, bertempat berlokasi di Aula Gatot Subroto Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, yang dapat diikuti secara daring dan luring bagi Anggota Dharma Pertiwi, serta disiarkan live streaming bagi masyarakat luas. 

BACA JUGA:Khusus Wanita, 10 Cara Praktis Menjaga Kesehatan Vagina: Penting untuk Kesehatan dan Reproduksi

Kategori :