Mudahkan Pengisian Daya Mobil Listrik, PLN Ungkap 1000 Titik SPKLU Baru

Senin 09-09-2024,17:58 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Perusahan Listrik Negara (PLN) akan menambah 1000 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru.

Jumlah 1000 SPKLU baru nantinya menggunakan tiang listrik yang telah tersedia di jalanan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa pihaknya bakal menambah 1.000 tiang listrik yang akan disulap menjadi SPKLU.

Hal itu disampaikannya usai acara Penyerahan REC dan Peresmian SPKLU IT PLN di Kampus IT PLN Cengkareng, Jakarta Barat pada Senin, 9 September 2024.

"Tahun ini kami menambahkan seribu titik (SPKLU)," ujar Lasiran pada Senin, 9 September 2024.

BACA JUGA:

Untuk lokasi SPKLU sendiri, kata Lasiran, berada di tempat-tempat umum. Khususnya di tiang listrik, pihaknya akan di memasang charger yang berjumlah seribu.

"Jadi bisa di halaman parkir, bisa di mal yang punya halaman, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan disitu banyak atau tempat parkir mobil-mobil bagi masyarakat," tuturnya.

Kendati demikian, Lasiran memastikan bahwa pemasangan charging di tiang-tiang listrik itu tidak akan mengganggu kepentingan umum.

Lasiran menambahkan, saat ini pihaknya masih dalam proses merencanakan dan melakukan survei lokasi. Rencananya realisiasi itu akan dilakukan hingga akhir 2024.

"Sekarang lagi kami survei, kami rencanakan, dan sampai akhir tahun nanti kira-kira akan ada seribu titik baru," tukasnya.

BACA JUGA:

Diketahui, pihaknya berencana mengembangkan hal tersebut bertujuan untuk memudahkan mobilitas masyarakat yang menggunakan kendaraan elektrifikasi.

Kendati demikian, Lasiran tidak menyebutkan rincian besaran dana yang disiapkan.

Lasiran menyampaikan, untuk saat ini total ada 55 titik SPKLU yang ada di Jakarta. Adapun, SKPLU yang baru saja diresmikan di Kampus IT PLN nantinya diperuntukkan untuk civitas akademika hingga masyarakat umum.

Kategori :