Viral! Pendakwah Asal Pakistan Diberi Minuman Keras Oleh Sejumlah Orang di Pinrang

Senin 02-09-2024,09:51 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beredar video di media sosial yang berdurasi 1 menit 36 detik memperlihatkan seorang pendakwah asal Pakistan diberi minuman keras (tuak) oleh sejumlah orang di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. 

Dalam video terlihat tiga orang warga menyuguhkan miras kepada jamaah Pakistan yang sementara sedang bersilaturahmi.

Menanggapi video kejadian tersebut, Bakri, salah satu jamaah dakwah yang ditemui di Masjid Jami Kerung-kerung Makassar (Markas Jamaah Dakwah) menyesalkan kejadian tersebut.

“Sangat disesalkan, tapi mungkin saja warga yang memberi minuman keras (Tuak) ke Jamaah Pakistan itu hanya iseng,” kata Bakri dalam keterangan, pada Minggu, 1 September 2024.

Kejadian itu kata Bakri merupakan ujian untuk teman-teman Jamaah yang berada di Kabupaten Pinrang agar lebih bersemangat menjumpai ke semua kalangan.

“Mungkin kejadian itu salah satu tarbiyah (Pelajaran) kepada Jamaah untuk terus berdakwah kepada orang-orang yang dijumpai,” ujarnya singkat sembari tertawa.

BACA JUGA:

Bakri berharap, peristiwa tersebut tidak dijadikan masalah, dan sebaiknya sesama saudara muslim agar saling mendoakan.

“Tidak usah di permasalahkan, mari saling mendoakan, mereka semua saudara-saudara kita, insya Allah kita ambil hikmah dari kejadian itu, mari terus mengajak manusia untuk selalu taat kepada Allah,” cetusnya.

Berselang beberapa saat videonya tersebar, ketiga warga yang menyunguhkan miras kepada Jamaah Dakwah tersebut membuat video klarifikasi dan meminta maaf, video itu pun mengundang beragam komentar nitizen.

“Suruh keluar Dakwah 40 hari sebagai hukumanya,” tulis warganet dalam komentar video permohonan maaf tersebut.

Diketahui, Jamaah Dakwah yang berada di Sulawesi Selatan mempunyai dua Markas Besar (Tempat Musyawarah). Markas pertama di Masjid Jami’ Kerung-kerung dan Markas kedua berada di Jalan Hertasning Baru kota Makassar.

Dilansir dari Wikipedia, Jamaah Tabligh (Jamaah Dakwah) adalah gerakan Islam transnasional yang berfokus pada kebangkitan iman dan amal sholeh. Jamaah Tabligh memiliki ciri khas, yaitu konsep khuruj atau keluar untuk berdakwah.

Kategori :