Tips Atasi Perut yang Kembung dengan Bahan Alami Secara Efektif dan Mudah Dilakukan Agar Kembali Nyaman!

Senin 29-07-2024,13:23 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Perut kembung merupakan masalah umum yang dapat mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Perut kembung biasanya terjadi karena penumpukan gas di bagian saluran pencernaan. 

Perut kembung mudah dikenali dari bentuk perut yang lebih besar dari biasanya dan terasa nyeri. Meski tidak berbahaya, namun perut kembung yang terasa begah dapat membuat tidak nyaman saat beraktivitas. 

Munculnya perasaan kembung dan begah biasanya disebabkan oleh adanya produksi gas berlebihan di saluran cerna, susah buang air besar (BAB), intoleransi terhadap makanan tertentu, atau akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit celiac atau sindrom iritasi usus besar. 

Namun, kondisi ini juga kerap terjadi ketika sedang menstruasi atau mengalami masalah pada sistem pencernaan, misalnya sindrom iritasi usus besar.

BACA JUGA:

Jika sedang mengalami perut kembung, tak perlu terburu-buru minum obat medis. Ada berbagai cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan sebagai obat alami perut kembung. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sebagai obat alami perut kembung, diantaranya:

Teh Peppermint

Obat alami untuk perut kembung dan mual adalah teh peppermint. Jenis teh yang satu ini mengandung bahan aktif menthol dan menthone yang terdapat efek antispasmodik (mengurangi kontraksi) dan meredakan keluhan tidak nyaman di saluran cerna. Selain itu, obat perut kembung dan mual alami ini dapat menstimulasi asam empedu untuk membantu proses pencernaan. 

Kompres Air Hangat

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi perut kembung adalah melakukan kompres air hangat di bagian perut. Hal ini akan memberikan sensasi menenangkan pada perut dan  mengatasi rasa ketidaknyamanan seperti mual dan begah. Anda cukup menggunakan kain bersih yang telah direndam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk kompres selama 10-15 menit.

Berjalan Kaki


Ilustrasi berjalan kaki.--Pinterest.com

Saat perut terasa kembung, cobalah untuk berjalan kaki atau melakukan peregangan selama sekitar 10–15 menit. Obat alami perut kembung ini bisa membantu mengendurkan otot-otot di perut, sehingga gas yang terperangkap di saluran cerna dapat keluar dengan mudah dan perut kembung mereda.

Minum Teh Hijau Hangat

Kategori :