Tips Atasi Perut yang Kembung dengan Bahan Alami Secara Efektif dan Mudah Dilakukan Agar Kembali Nyaman!

Senin 29-07-2024,13:23 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Untuk mengurangi kembung, Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau atau minuman matcha hangat. Selain bisa menghangatkan perut, minuman ini juga kaya akan antioksidan, seperti tannin, katekin, dan polifenol, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengobati perut kembung.

Mengonsumsi Teh Chamomile

Selain teh peppermint, teh chamomile juga telah lama dikenal sebagai obat alami perut kembung. Tak hanya mengobati perut kembung, teh ini juga dapat meredakan masalah pencernaan lainnya, seperti diare, mual, muntah, dan maag.

Manfaat teh chamomile sebagai obat alami perut kembung diduga diperoleh dari flavonoid yang terkandung di dalamnya. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai efektivitas teh chamomile dalam mengobati perut kembung.

Kunyit


Manfaat kunyit.-Foto: Unsplash.com/ChinhLeDuc-

Kunyit merupakan salah satu pilihan obat herbal untuk perut mual dan kembung. Kandungan kurkumin dalam kunyit ternyata bisa meredakan gejala perut kembung dan begah. Kurkumin merupakan antioksidan larut dalam lemak yang membuat kunyit memiliki warna kuning-jingga. 

Biji Adas

Mengutip dari Brigham and Women’s Hospital, mengonsumsi biji adas bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami dan cepat. Biji adas telah dikenal untuk menghilangkan gas di perut secara alami. Kendati demikian, ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk tidak mengonsumsi biji adas jika ingin mengatasi masalah perut kembung dan begah. 

Nah, itulah beberapa bahan alami di atas bisa menjadi alternatif untuk mengatasi perut kembung dan begah. Ketika perut terbebas dari rasa kembung dan begah, maka aktivitas pun bisa kembali maksimal. Semoga bermanfaat!

Kategori :