Penting! Inilah 10 Manfaat Labu Siam yang Baik Dikonsumsi, Salah Satunya untuk Perkembangan Otak dan Saraf

Rabu 12-06-2024,16:52 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Labu siam diketahui juga rendah kalori dan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Sehingga labu siam baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Meski demikian, tak hanya dengan mengonsumsi labu siam, anda juga disarankan untuk tetap rutin berolahraga.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Labu siam mengurangi beberapa faktor risiko tekanan darah tinggi, kolesterol, dan aliran darah yang buruk. Senyawa labu siam membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah. dan menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:

6. Antioksidan

Labu siam termasuk sayuran yang mengandung antioksidan kuersetin, mirisetin, morin, dan kaempferol. Mirisetin bersifat antidiabetes, dan antiinflamasi. Labu siam juga sumber vitamin C. Labu siam juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan asam amino, yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin C, vitamin A, dan Beta karoten pada labu Siam bagus untuk merawat kesehatan mata. Selain itu, baik juga untuk mencegah penyakit rabun dan degradasi makula.

8. Perkembangan Otak dan Saraf Semakin Meningkat

Kandungan vitamin B komplek dan folat pada labu Siam bagus untuk meningkatkan perkembangan otak dan sel saraf pada bayi. Asam folat dapat mengurangi resiko kerusakan sistem saraf dan meningkatkan kinerja otak bayi selama masa perkembangannya.

9. Meningkatkan kesehatan tulang

Labu siam mengandung mangan yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah Osteoporosis.

10. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Labu siam merupakan sumber serat yang baik dan penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Selain itu, sebuah artikel di Advances in Health Science Research menunjukkan konsumsi labu siam berdampak positif pada tekanan darah pada orang lanjut usia.

Nah itulah, beberapa manfaat labu siam yang baik untuk kesehatan tubuh jika rutin dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Kategori :