4. Menjaga Fokus anggota organisasi
Dalam membangun sense of belonging dari dalam anggota organisasi, salah satu hal penting yang dilakukan organisasi atau perusahaan adalah untuk melibatkan anggota tim dalam segala aspek kegiatan organisasi.
5. Memberikan Apresiasi dan Benefits Kepada Anggota Organisasi
Apresiasi dan benefits adalah dua unsur yang dapat membangun sense of belonging, lebih khususnya ditempat kerja. Setiap orang pastinya ingin diberikan apresiasi atas usaha yang telah mereka lakukan.
Salah satu bentuk apresiasi yang dapatkan diberikan oleh perusahaan adalah dengan memberikan berbagai benefit diluar imbal hasil (Gaji) yang pasti akan didapatkan pekerja.
6. Meningkatkan Ikatan Sosial
Meskipun konteks hubungan dalam sebuah organisasi atau perusahaan merupakan hubungan profesional, sah saja jika antar organisasi membangun pertemanan yang dekat dan sehat di luar lingkup organisasi. Sebuah laporan yang ditulis oleh Wildgoose menyatakan bahwa memiiki teman dekat di organisasi dapat meningkatkan kinerja seseorang.
7. Menyamakan Visi dan Misi
Dalam suatu organisasi, setiap anggotanya pasti memiliki opini dan prinsip yang berbeda-beda. Meski begitu, jika setiap kepala memiliki visi dan misi yang sama, maka perbedaan dapat diatasi dengan mudah, pikiran mereka dapat disatukan.
Maka itu, dalam menentukan visi dan misi, hendaknya dilakukan bersama-sama dengan anggota organisasi. Selain untuk menyatukan perbedaan pemikiran, mereka juga akan merasa diterima dan dilibatkan oleh organisasi, dan akhirnya mereka akan terdorong untuk memberikan kontribusi yang tulus dan nyata.