Arti, Manfaat dan Cara Menumbuhkan, 'Sense of Belonging' Seseorang

Arti, Manfaat dan Cara Menumbuhkan, 'Sense of Belonging' Seseorang

Sense of belonging atau Rasa Memiliki keberadaannya sangat penting Foto : Journalism Education Associaton --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Mungkin kita pernah mendengar sebuah ungkapan dalam Bahasa Inggris, ''Sense of Belonging" yang berarti kurang lebih rasa memiliki.

Istilah sense of Belonging atau rasa memiliki ini, bisa muncul pada suatu individu yang berada dalam sebuah kelompok tetapi justru dia merasa tidak atau bukan dari bagian kelompok tersebut.

Padahal sebenarnya dia adalah bagian atau anggota dari kelompok yang dimaksud. Jika itu yang terjadi mungkin karena akibat tidak adanya, Sense of Belonging atau rasa memiliki tadi. 

Rasa memiliki atau Sense of Belonging merupakan perasaan yang terdapat dalam diri anggota atau suatu kelompok organisasi.Saat itu mereka memiliki rasa memiliki dalam kelompok atau organisasi tersebut.

Sense of belonging sendiri merupakan suatu kebutuhan dasar yang perlu dimiliki oleh manusia. Alasannya karena sense of belonging terkait dengan psikologis dan kesehatan mental, bahkan juga kesehatan fisik seseorang. 

Dikutip dari laman gramedia.com disebutkan rasa memiliki atau sense of belonging sangat penting perannya dalam kehidupan seseorang.

Jika begitu, mengapa sense of belonging atau rasa memiliki itu penting dimiliki oleh setiap orang dan bagaimana cara untuk  menumbuhkannya ?

BACA JUGA:Bakal Rilis 2 Februari 2024, Intip Kelebihan dan Kekurangan Apple Vision Pro

BACA JUGA:Memahami Proses Pembelajaran Andragogi vs Pedagogi, Apa Sih Perbedaannya?

BACA JUGA:Chatbot AI Google Bard Dilaporkan Segera Hadir di Google Message

Berikut uraian pengertian sense of belonging, Manfaat memiliki sense of belonging, serta cara membangun sense of belonging.

Arti dari sense of belonging adalah sebuah perasaan yang terkait dengan rasa memiliki yang ada dalam diri seseorang.

Perasaan memiliki ini mengacu pada perasaan dikenali, diterima, aman, nyaman, diperhatikan, dan juga didukung oleh orang lain atau suatu kelompok.

Sense of belonging biasanya terkait dengan kelompok atau organisasi, yang anggotanya memiliki keterkaitan dengan kelompok tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: