Arti, Manfaat dan Cara Menumbuhkan, 'Sense of Belonging' Seseorang

Arti, Manfaat dan Cara Menumbuhkan, 'Sense of Belonging' Seseorang

Sense of belonging atau Rasa Memiliki keberadaannya sangat penting Foto : Journalism Education Associaton --

Inklusivitas merupakan konsep yang mengajarkan empeti, sikap positif dan inklusif terhadap orang lain, tanpa memandang latar belakang orang tersebut, perbedaan geografis, dan perbedaan lainnya.

Agar dapat membangun sense of belonging, baik dari dalam diri dan atau pada seseorang yang menjadi anggota sebuah organisasi atau perusahaan, perlu untuk menggaungkan budaya inklusivitas secara proaktif. 

4. Menjaga Fokus anggota organisasi

Dalam membangun sense of belonging dari dalam anggota organisasi, salah satu hal penting yang dilakukan organisasi atau perusahaan adalah untuk  melibatkan anggota tim dalam segala aspek kegiatan organisasi. 

5. Memberikan Apresiasi dan Benefits Kepada Anggota Organisasi

Apresiasi dan benefits adalah dua unsur yang dapat membangun sense of belonging, lebih khususnya ditempat kerja. Setiap orang pastinya ingin diberikan apresiasi atas usaha yang telah mereka lakukan.

Salah satu bentuk apresiasi yang dapatkan diberikan oleh perusahaan adalah dengan memberikan berbagai benefit diluar imbal hasil (Gaji) yang pasti akan didapatkan pekerja. 

6. Meningkatkan Ikatan Sosial

Meskipun konteks hubungan dalam sebuah organisasi atau perusahaan merupakan hubungan profesional, sah saja jika antar organisasi membangun pertemanan yang dekat dan sehat di luar lingkup organisasi. Sebuah laporan yang ditulis oleh Wildgoose menyatakan bahwa memiiki teman dekat di organisasi dapat meningkatkan kinerja seseorang. 

7. Menyamakan Visi dan Misi

Dalam suatu organisasi, setiap anggotanya pasti memiliki opini dan prinsip yang berbeda-beda. Meski begitu, jika setiap kepala memiliki visi dan misi yang sama, maka perbedaan dapat diatasi dengan mudah, pikiran mereka dapat disatukan.

Maka itu, dalam menentukan visi dan misi, hendaknya dilakukan bersama-sama dengan anggota organisasi. Selain untuk  menyatukan perbedaan pemikiran, mereka juga akan merasa diterima dan dilibatkan oleh organisasi, dan akhirnya mereka akan terdorong untuk  memberikan kontribusi yang tulus dan nyata. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: