Baik untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak, Berikut Tips Agar Anak Tidur Tepat Waktu!

Baik untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak, Berikut Tips Agar Anak Tidur Tepat Waktu!

Ilustrasi anak kecil tidur.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidur yang tidak teratur tidak baik untuk orang dewasa maupun anak - anak, tidur yang terlaluu larut malam tidak baik untuk dilakukan karena tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Jam tidur yang tidak teratur juga sebaiknya dihindari, berlaku untuk orang dewasa maupun anak - anak. Akan tetapi, seringkali anak susah tidur di malam hari.

Ketika ayah dan bunda sudah lelah dengan aktivitas sehari - hari, namun si kecil seringkali susah tidur, hal ini membuat orang tua harus memutar otak.

Salah satu cara untuk membuat posisi kamar senyaman mungkin untuk buah hati agar cepat tidur dan tidak tidur larut malam. Dikutip dari Stanford Children's Health, kemungkinan besar bayi belum bisa membuat pola kapan ia akan tidur dan bangun sendiri.

BACA JUGA:

Tak hanya itu saja, tidak semua bayi pun tahu bagaimana cara menidurkan diri sendiri dan bisa kembali tidur saat terbagun pada malam hari.

Berikut ini tips bagi orang tuga agar bayi bisa tidur dengan cepat dan nyenyak :

  1. Beri jam waktu untuk anak tidur, caranya dengan menyuruh anak tidur sesuai jam tidurnya. Misalnya, kamu mau tidur sekarang, atau lima menit lagi?
  2. Setelah si kecil sudah mandi dan sudah makan malam, gunakan pakaian piyama kesayangannya agar membuat anak tidur dengan nyaman.
  3. Pastikan suasana kamar tidur anak nyaman, dengan suhu kamar yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
  4. Biasakan untuk anak agar tidur siang, pastikan si kecil untuk tidur siang secara teratur. Sebaiknya si kecil tidur tidak lebih dari 3 sampai 4 jam di siang hari. Karena tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu jam tidur si kecil di malam hari.
  5. Jangan biasakan tidur sambil menyusu, hal itu bisa memberikan dampak buruk bagi si kecil di kemudian hari. Sebaiknya hindari kebiasaan yang kurang baik ini, dengan cara melepas isapan si kecil dari payudara atau botol susu sebelum si kecil tidur lelap.
  6. Sebaiknya hindari hal yang yang kirang baik seperti menonton televisi saat mau tidur dan memainkan handphone. Karena cahaya dari layar televisi dan handphone bisa mengusir mood tidur pada anak.
  7. Sebaiknya baringkan si kecil kalau sudah mengantuk, tips ini juga bisa menjadi cara supaya bayi cepat tidur nyenyak pada malam hari. Segera baringkan si kecil saat sudah terlelap.
  8. Lakukan rutinitas pengantar tidur misalnya membacakan dongeng atau cerita yang membuat anak menjadi relaks. Jangan lakukan aktivitas berat lagi seperti bermain lari-larian atau berlompatan diatas tempat tidur. Rutinitas ini bisa dilakukan 1 jam sebelum tidur, agar ketika waktu tidur tiba, anak sudah dalam keadaan mengantuk dan bisa segera tidur.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait tips agar anak cepat tidur tepat waktu yang bisa dicoba untuk ibu dan ayah dirumah. Semoga membantu! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: