Jangan Disepelekan! 5 Aktivitas Sederhana Ini Mampu Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak

Jangan Disepelekan! 5 Aktivitas Sederhana Ini Mampu Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak

Ilustrasi kebiasaan anak yang dapat meningkatkan kecerdasan.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik dan cerdas. Secara umum, kecerdasan anak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor genetik dan faktor lingkungan, tapi menurut studi terbaru ada beberapa kegiatan yang dapat membuat anak cerdas. 

Dan tentunya orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang baik dan cerdas bukan? Untuk mendukung hal tersebut perlu melakukan pendekatan melalui aktivitas sederhana yang bisa dilakukan sejak kecil.

Aktivitas sederhana yang diiringi dengan kegembiraan dapat menjadi kunci bagi pertumbuhan intelektual anak. Berikut ini ada beberapa aktivitas sederhana yang dapat membantu anak Ayah Bunda tumbuh menjadi individu yang cerdas dan berpengetahuan. 

BACA JUGA:

Banyak membaca


Manfaat membaca pada anak--

Ajari si kecil mencintai buku dan banyak membaca sejak kecil. Membaca membuat anak memiliki wawasan yang luas, serta memiliki kosa kata yang lebih beragam.

Memperkenalkan dunia seni

Melibatkan anak dalam seni seperti melukis, menggambar, atau membuat kerajinan adalah jalan yang mulus untuk merangsang imajinasi anak. Seni membantu buah hati mengungkapkan diri mereka sendiri, memperkuat keterampilan kreatif, dan belajar mengenali estetika. Belajar akan seni bisa memunculkan hobi buah hati yang bisa terus berkembang dan sukses ketika dewasa,

Ajak anak aktif bergerak

Aktif bergerak, misalnya lewat olahraga, tak hanya membuat anak jadi sehat dan kuat, mengasah kemampuan motoriknya, tapi juga tumbuh jadi cerdas. Aktivitas fisik seperti olahraga membantu meningkatkan aliran darah ke otak serta membangun sel-sel otak baru yang penting untuk perkembangan otak agar anak tumbuh cerdas.

Variasikan aktivitas fisik yang dilakukan agar anak tak bosan, misalnya sesekali cobalah ajak anak untuk menari. Meski pun tarian yang dilakukan anak tampak tidak teratur, namun aktivitas ini mendorong anak jadi lebih cerdas dan memahami ritme, melatih kemampuan koordinasi tubuh, serta alat untuk menyalurkan ekspresi diri.

Bermain games edukatif


Ilustrasi foto: Pola pengasuhan pada anak agar tumbuh kembang dengan optimal.--unsplash.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: