Alhamdulillah! Masjid Jokowi di Abu Dhabi Resmi Dibuka untuk Publik

Selasa 19-12-2023,19:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masjid Presiden Joko Widodo yang berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) telah diresmikan. Menandakan Masjid tersebut sudah terbuka untuk publik.

Diketahui, Masjid yang berletak di Abu Dhabi ini sudah dikunjungi publik sejak hari Jumat, 14 Desember 2023.

Sebelumnya, Pembangunan masjid dengan mengusung nama Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), oleh Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) sudah dimulai sejak 2021 dan rampung pada Oktober 2023.

Peresmian Masjid Jokowi ini ditandai dengan penanaman pohon mangga, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Shalat Zuhur. Shalat berjamaah tersebut dipimpin oleh Ustaz Salman Alfarisi selaku Imam di Masjid Jokowi. Diketahui juga Masjid ini bisa menampung sebanyak 2.500 jemaah.

BACA JUGA: Menilik Sejarah Bangunan Bersejarah Yerusalem, Masjidil Aqsa

BACA JUGA:Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Kiblat Pertama Ummat Muslim

Kegiatan peresmian sekaligus pembukaan Masjid Jokowi turut dihadiri oleh beberapa pejabat penting, seperti Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (UEA) Suhail Al Mazroei, Ketua Awqaf (Pemimpin Umum Urusan Islam dan Wakaf) Omar Habtoor Al-Direi, Duta Besar Indonesia untuk UEA Husin Bagis, Duta Besar UEA untuk Indonesia dan ASEAN Abdullah Salem Aldhaheri.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis mengatakan bahwa Masjid Presiden Joko Widodo menjadi sebuah simbol persaudaraan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA)

Husin Bagis juga mengatakan, pembukaan Masjid Jokowi untuk umum merupakan harapan Presiden Jokowi saat berkunjung ke UEA untuk COP 28 kepada Pemerintah UEA.

"Semoga Masjid Presiden Joko Widodo dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan korps diplomatik di Abu Dhabi dan sekitarnya," tutur dia.

BACA JUGA:Yuk! Ke Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar, Ini Dia Caranya

BACA JUGA:Palestina Meminta Bantuan Indonesia, Pasal Israel Ingin Membelah Masjidil Al Aqsa

Tidak hanya itu, Husin Bagis berharap agar Masjid Jokowi juga daoat dimanfaatkan untuk kegiatan pada hari-hari besar Islam, seperti Idul Fitri dan juga Idul Adha. Bahkan bisa digunakan untuk sebagai tempat belajar membaca Al-qur'an.

Berdasarkan keterangan dari Khaleej Times, Masjid Jokowi berada di kawasan diplomatik Abud Dhabi. Dan juga terletak di jalan yang diberi nama serupa di Abud Dhabi yang sebelumnya bernama Ma'arid Street.

Disebutkan juga Masjid Jokowi dibangun dengan bahan material dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, pada masjid ini banyak terdapat ornamen kayu serta ukiran Asmaul Husna yang dijadikan sebagai penghias Masjid.

Kategori :