Ustadz Adi Hidayat Uraikan Bacaan Doa Agar Dilancarkan saat Membayar Hutang

Jumat 15-09-2023,05:00 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

Doa Membayar Hutang kata Ustadz Adi Hidayat - Hutang adalah jumlah uang atau nilai ekonomis lainnya yang dipinjamkan atau dipinjamkan oleh satu pihak kepada pihak lain, biasanya dengan kesepakatan untuk mengembalikan jumlah tersebut dengan tambahan bunga atau biaya tertentu di masa depan.

Hutang dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk pinjaman uang tunai, pembelian barang atau jasa dengan janji pembayaran di kemudian hari (kredit), atau dalam bentuk obligasi dan surat berharga lainnya.

Ustadz Adi Hidayat, seorang ulama terkemuka di Indonesia menguraikan bahwa dalam Islam, ada bacaan doa yang dianjurkan untuk diamalkan agar memperlancar proses pembayaran hutang.

Aturan Dalam Berhutang

Dalam Surah Al Baqarah ayat 282, Allah SWT menjelaskan bagaimana aturan dalam berutang.

اَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوْهُۗ وَلْيَكْتُبْ بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌۢ بِالْعَدْلِۖ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ

Artinya:  "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menuliskannya." (QS. Al Baqarah: 282)

BACA JUGA:

Doa Agar Dilancarkan saat Membayar Hutang

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Artinya: “Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim).

Ustadz Adi Hidayat berpesan bahwa usahakan untung membaca doa tersebut saat sebelum tidur, selain membaca surah-surah agar terbebas dari setan seperti ayat kursi, dianjurkan baca doa memohon bebaskan dari jeratan hutang dan kefakiran.

“Bacalah doa tersebut dengan kekhusyuan, penuh harap kepada Sang pemberi rezeki. Dengan doa ini semoga Allah membebaskan kita dari utang dan kefakiran,” kata Ustaz Adi Hidayat. Ucap Ustadz Adi Hidayat yang dikutip dari channel Youtube Adi Hidayat Official. ***

Kategori :