Simak Tata Cara Mandi Besar Sesuai Sunnah Menurut Ustaz Adi Hidayat

Simak Tata Cara Mandi Besar Sesuai Sunnah Menurut Ustaz Adi Hidayat

Tata Cara Mandi Besar Sesuai Sunnah Menurut Ustaz Adi Hidayat--Foto : tangkapan layar YouTube

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Cara mandi besar menurut Ustaz Adi Hidayat mengacu pada Kitab Sahih Muslim. Beliau menjelaskannya dengan detail dalam video tutorial yang tersedia di saluran YouTube resminya. 

Perlu diperhatikan penjelasan Ustaz Adi Hidayat mengenai tata cara mandi besar. Sebagai seorang dai yang lulus dari Islamic Call College, Tripoli, Libya, beliau menguraikan prosedur mandi junub yang diambil dari Kitab Shahih Muslim, khususnya bab tentang tata cara mandi janabah.

Dalam Islam, kebersihan sangat ditekankan, dan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan adalah dengan melakukan penyucian (taharah), termasuk mandi junub yang juga dikenal sebagai mandi besar.

Seorang muslim atau muslimah diwajibkan untuk mandi besar dalam beberapa situasi, seperti saat mengalami mimpi basah (mengeluarkan mani), melakukan hubungan suami istri (jima'), mengalami haid, setelah melahirkan, atau dalam keadaan nifas.

BACA JUGA:

Dalam menjelaskan tata cara mandi besar, Ustaz Adi Hidayat mengutip hadis dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha. Berikut isinya: 

"Dari 'Aisyah, istri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa jika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk sholat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya." (HR Al-Bukhari No 248 dan Muslim No 316)

Hadis lain yang menjelaskan tata cara mandi besar:

"Dari Ibnu 'Abbas berkata bahwa Maimunah mengatakan, "Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Lalu beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu dengan tangan kanannya beliau menuangkan air pada telapak tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Setelah itu beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua telapak kakinya (di tempat yang berbeda)." (HR Al-Bukhari No 265 dan Muslim No 317)

BACA JUGA:

Berikut adalah tata cara mandi besar menurut penjelasan Ustaz Adi Hidayat, yang didasarkan pada kajian dari Channel Youtube Adi Hidayat Official pada tanggal 22 Agustus 2021. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan dengan detail dan mempraktikkannya langsung dalam video tutorialnya.

  1. Mulailah dengan mencuci telapak tangan beserta jari-jarinya sambil membaca Bismillah dalam hati atau berniat untuk mandi junub.
  2. Persiapkan sabun untuk membersihkan kotoran atau bakteri yang ada di tangan.
  3. Bersihkan bagian kemaluan sambil jongkok untuk memastikan semua sisa najis keluar. Kemudian, cuci kembali kedua tangan dengan sabun dan bilas.
  4. Lakukan wudhu seperti yang biasa dilakukan sebelum sholat.
  5. Setelah wudhu, ambil air dengan telapak tangan dan tuangkan ke kepala, lalu gosok sela-sela rambut hingga air meresap ke pori-pori kepala. Ulangi dua atau tiga kali.
  6. Siramkan air bersih kembali ke kepala hingga merata ke seluruh bagian.
  7. Selanjutnya, basahi lengan kanan dan kiri secara berurutan.
  8. Terakhir, bersihkan bagian kaki. Disarankan untuk berpindah posisi agar tidak terkena air yang telah digunakan untuk membersihkan kemaluan pada langkah awal mandi.
  9. Setelah mandi wajib selesai, tidak perlu melakukan wudhu lagi karena mandi besar sudah menghilangkan najis besar dan kecil. Cukup siramkan air ke bagian kaki. Namun, jika ingin melakukan wudhu lagi, itu diperbolehkan.

Semoga penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat dalam video tutorial mandi besar ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai tata cara mandi besar dalam Islam kepada para penonton.

Anda bisa menemukan tutorial mandi besar dari Ustaz Adi Hidayat di saluran YouTube resmi beliau, yaitu Channel Adi Hidayat Official.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: