Amalan Doa Sebelum Tidur untuk Lunasi Utang

Amalan Doa Sebelum Tidur untuk Lunasi Utang

Amalan Doa Sebelum Tidur untuk Melunasi Hutang--Foto : tangkapan layar YouTube

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berdoa merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan umat muslim untuk memohon pertolongan kepada Allah Swt, termasuk dalam mengatasi permasalahan utang

Ustadz Adi Hidayat pernah menyampaikan dalam kajiannya bahwa doa dapat membantu seorang muslim terbebas dari segala permasalahan hidup.

Salah satu doa yang dapat diamalkan sebelum tidur untuk melunasi utang adalah doa yang diriwayatkan oleh HR. Muslim pada zaman Rasulullah Saw. Doa ini menjadi petunjuk bagi umat yang sedang dilanda kesedihan dan kesusahan.

BACA JUGA:

Bunyi doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ


"Allahumma robbas samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhiim. Robbanaa wa robba kulli syai-in faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat tawrooti wal injiil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba'daka syai-un. Wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa dunaka syai-un, iqdhi 'annad-dainaa wa aghninaa minal faqri."

Artinya: Ya Allah yang menguasai tujuh langit dan 'Arsy yang agung. Tuhan kami dan Rabb segala sesuatu. Tuhan yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah. Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya. Ya Allah, Engkaulah yang awal dan sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir maka tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan juga kecukupan hingga terlepas dari kefakiran.

BACA JUGA:

Namun, selain berdoa, umat muslim juga harus berusaha dan bekerja keras agar segala permasalahan hidup dapat terselesaikan dengan cepat. Selain itu, amalan lain yang dapat dilakukan adalah bersedekah kepada orang-orang yang sedang kesusahan. 

Meskipun dalam kondisi kesulitan ekonomi, bersedekah akan mendatangkan pahala berlipat ganda dan rezeki yang deras serta berkah dari Allah Swt.

Sebelum tidur, selain membaca doa pelunas hutang, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur dan menutupnya dengan membaca ayat kursi yang mengandung banyak keberkahan.

Dengan mengamalkan doa pelunas hutang sebelum tidur, disertai dengan usaha dan kerja keras, serta bersedekah, diharapkan segala tanggungan dan pinjaman dapat segera terselesaikan atas pertolongan Allah Swt.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: