Tips Aman dan Nikmat Konsumsi Makanan Barbeque Agar Terhindar Dari Risiko Kesehatan

Tips Aman dan Nikmat Konsumsi Makanan Barbeque Agar Terhindar Dari Risiko Kesehatan

Ilustrasi makanan barbeque.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Barbeque sering kali menjadi pilihan makanan bagi sebagian individu karena memiliki rasa yang enak dan menggugah selera. Namun, penting untuk membatasi konsumsi barbeque agar tidak berlebihan karena hal tersebut bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi hingga penyakit kardiovaskular. 

Barbeque merupakan makanan yang diolah dengan cara dipanggang dan kerap dijadikan sebagai hidangan favorit saat sedang berkumpul bersama kerabat.

Namun, agar tubuh tetap aman dan sehat, penting untuk menerapkan sejumlah tips makan barbeque, mulai dari mengatur porsi makan, memilih daging rendah lemak, hingga menyajikan buah segar sebagai hidangan penutup. 

Namun jika dikonsumsi berlebihan, makanan yang lezat ini juga dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Namun tenang, bukan berarti makanan yang dibakar sama sekali tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Berikut tips aman mengonsumsi barbeque agar terhindar dari risiko kesehatan.

BACA JUGA:

1. Pilih daging yang tidak terlalu berlemak

Daging yang berlemak saat dibakar akan meneteskan lemak sehingga api akan menimbulkan asap yang berlebihan yang memicu terbentuknya zat karsinogen.

2. Makan bersama sayuran

Selain mengatur porsi makan, saat menyantap lauk yang dibakar, usahakan barengi dengan sayur-sayuran. Dengan begitu kandungan gizi yang didapatkan oleh tubuh lengkap, sekaligus mencegah terjadinya sembelit.

3. Memilih makanan pembuka yang sehat

Tips makan barbeque yang pertama adalah dengan memilih makanan pembuka yang menyehatkan. Misalnya, sajikanlah makanan pembuka yang mengandung tinggi serat, seperti sup sayur atau edamame rebus untuk membantu mencukupi asupan serat tubuh. Hal ini dikarenakan serat dapat membantu melancarkan proses pencernaan selama mengonsumsi menu barbeque. Selain itu, menjadikan makanan berserat tinggi sebagai hidangan pembuka juga dapat mencegah seseorang untuk mengonsumsi makanan lain yang kurang sehat secara berlebihan.

4. Mengatur porsi makan

Tips makan barbeque selanjutnya adalah mengatur porsi makan sebaik mungkin. Adapun porsi daging yang ideal untuk dikonsumsi adalah sebanyak 170 gram dalam sekali makan. Pasalnya, mengonsumsi daging, terutama daging merah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko dari berbagai penyakit, seperti gangguan jantung, kolesterol tinggi, hingga memicu kanker.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: