Tips Aman dan Nikmat Konsumsi Makanan Barbeque Agar Terhindar Dari Risiko Kesehatan

Tips Aman dan Nikmat Konsumsi Makanan Barbeque Agar Terhindar Dari Risiko Kesehatan

Ilustrasi makanan barbeque.-Foto: Unsplash.com-

5. Menghindari membakar daging terlalu lama

Tips makan barbeque selanjutnya adalah tidak membakar daging atau hidangan barbeque lainnya terlalu lama. Pasalnya, makanan yang dibakar dengan suhu tinggi terlalu lama dapat menyebabkan pembentukan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH) dan heterocyclic amine (HCA). Dua senyawa tersebut termasuk sebagai zat karsinogenik (karsinogen) yang dapat meningkatkan risiko pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

6. Rendam daging di dalam bumbu terlebih dahulu

Merendam daging dalam bumbu selama 30 menit dapat mengurangi pembentukan zat karsinogen. Pilihlah bumbu tradisional dan alami yang bisa menurunkan kadar HCA di dalam bakaran daging.

7. Atur porsi makan

Porsi daging yang menyehatkan yaitu 85 gram atau kira-kira sebesar telapak tangan (tanpa jari-jari). Sementara itu, batas asupan daging sebaiknya tidak lebih dari 170 gram dalam sekali makan. Angka tersebut tampaknya kecil, tapi penting mengingat konsumsi daging merah yang berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan kanker. Jika masih lapar, jangan lupa bahwa Anda masih punya makanan pendamping.

Itulah beberapa tips yang dilakukan saat hendak menyantap makanan barbeque agar tetap aman dan terhindar dari risiko kesehatan. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: