Jelang Libur Nataru 672 Ribu Tiket Kereta Ludes Terjual, KAI Ungkap Puncak Arus Keberangkatan
KAI mencatat bahwasanya tiket kereta libur Nataru sudah terjual 672.418 kursi per Selasa 3 Desember 2024-Disway/Sabrina Hutajulu-
JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - KAI mencatat bahwasanya tiket kereta libur Nataru sudah terjual 672.418 kursi per Selasa 3 Desember 2024.
"Hingga 3 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, sebanyak 672.418 tiket kereta jarak jauh dan menengah pada masa libur natal dan tahun baru telah terjual atau 24,27 persen dari total tempat duduk yang disediakan sebanyak 2.770.864 tempat duduk," ungkap VP Public Relation KAI Anne Purba.
Dikatakan Anne, penjualan tertinggi pada periode sebelum hari natal terjadi pada H- 4 (21 Desember 2024) dengan total penjualan 51.300 tiket.
Sementara untuk periode setelah hari natal, terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan penjualan 49.035 tiket.
Lebih lanjut dikatakan Anne, sejumlah inisiatif telah disiapkan untuk memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan selama periode Nataru 2024/2025 yang KAI tetapkan dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Salah satu upaya nyata adalah dengan menambah jumlah Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun Daerah Operasi dan Divisi Regional.
"Sebanyak 170 petugas tambahan akan dikerahkan untuk membantu dan memberikan informasi secara langsung kepada pelanggan kereta api, memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan cepat dan efisien," terang Anne.
BACA JUGA:Sambut Libur Nataru, KAI Bakal Tambah 62 Perjalanan KA per Hari dan Program Angkutan Motis
BACA JUGA:KAI Sediakan 2 Juta Lebih Kursi Selama Hari Libur Nataru, Tujuan Surabaya Paling Laku Dipesan
Selain itu, KAI menambah tenaga operasional seperti petugas cleaning service di stasiun 145 orang, On-Train Cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang.
Penambahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan peningkatan frekuensi perjalanan kereta selama periode Nataru, sehingga kebersihan stasiun dan kereta tetap terjaga dengan optimal.
“KA tambahan KAI sebanyak 62 KA/hari dengan kapasitas angkut 198.948 TD/hari. Selain KA tambahan, dalam mendukung gerakan ramah lingkungan, KAI juga menyediakan fasilitas air minum gratis/drinking water station di 24 stasiun," ujar Anne.
"Penumpang diimbau untuk membawa tumbler pribadi, sehingga dapat mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Inisiatif ini menjadi langkah konkret KAI dalam mewujudkan operasional yang lebih berkelanjutan,” lanjutnya.
Anne mengatakan, akan ada penambahan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di sejumlah stasiun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: