Memahami Arti Tabur Tuai : Pengertian dan Hukumnya dalam Islam

Memahami Arti Tabur Tuai : Pengertian dan Hukumnya dalam Islam

Ilustrasi foto.--pexels.com/Tuğba Kobal Yılmaz

Allah menjanjikan bagi orang-orang yang berbuat baik, walaupun perbuatan baik itu hanya sekecil atom. Kelak ia akan melihat balasan atas perbuatannya. Hal ini juga berlaku bagi orang yang melakukan kejahatan, walaupun yang kejahatan yang dilakukan hanya seberat zarah maka kelak ia akan melihat ganjaran perbuatannya. 

Pentingnya bersedekah

Bersedekah adalah salah satu perbuatan yang mencontohkan Tabur Tuai. Sedekah itu sangat penting karena selain membantu orang, bersedekah juga bagus untuk spiritual kita. Kebaikan kita akan menjadi bermanfaat untuk orang lain. Dan Allah berjanji akan membalas segala kebaikan yang kita lakukan. Sedekah walaupun sangatlah kecil, bila dilakukan secara ikhlas. Allah maha melihat, semua perbuatan baik kita akan dilihat dan diketahui oleh Allah. Dan Allah maha pengasih dan maha pemurah, Allah akan membalas kebaikan sedekah kita berkali-kali lipat.  

BACA JUGA:

Hal ini tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 261 : 

Arab: مَثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍۢ  وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ  وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ 

Matsalu alladzina yunfiquna amwalahum fi sabili Allahi kamatsali habbatin ambatat sab‘a sanabila fi kulli sunbulatin mi'atu habbah. Wallahu yudha‘ifu liman yasha', wallahu wasi‘un ‘alim. 

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." 

Demikian penjelasan mengenai Tabur Tuai beserta hukumnya dalam islam. Ternyata perbuatan ini sangat penting untuk kita lakukan, oleh karena itu penting bagi kita untuk terus ingat untuk selalu berbuat baik kepada orang lain dan menjauhi sifat Dzolim atau berbuat jahat kepada orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga setelah membaca artikel ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. 

(Mikail Mohammad Imam Muda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: