Doa Minta Jodoh yang Baik Dalam Islam dan 8 Ikhtiar Mencarinya, Menjemput Cinta Ilahi

Doa Minta Jodoh yang Baik Dalam Islam dan 8 Ikhtiar Mencarinya, Menjemput Cinta Ilahi

Doa minta jodoh yang baik dalam Islam--freepik.com

Ikhtiar dalam Mencari Jodoh

Islam mengajarkan bahwa jodoh adalah salah satu takdir yang bisa diupayakan. Dengan berikhtiar dan memohon kepada Allah, kita dapat mempercepat pertemuan dengan jodoh yang baik. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dianjurkan dalam Islam untuk mencari jodoh, seperti dirangkum dari buku Adakah Namamu dalam Catatan Takdirku? karya Angkasa Putra.

BACA JUGA:

1. Luruskan Niat

Langkah pertama dalam mencari jodoh adalah dengan meluruskan niat. Jika niat kita adalah untuk mendapatkan ridha Allah SWT, maka insya Allah kita akan dipertemukan dengan pasangan yang memiliki niat serupa.

2. Perbaiki Diri

Jika kita menginginkan pasangan yang baik, maka kita harus memperbaiki diri terlebih dahulu. Menjadi pribadi yang lebih baik akan memudahkan kita dalam menarik pasangan yang sepadan. Ini merupakan salah satu hikmah dari pepatah yang mengatakan bahwa jodoh adalah cerminan diri.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah

Untuk mendapatkan jodoh yang baik, kita harus mendekatkan diri kepada Allah terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menjalankan semua perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya. Melaksanakan ibadah wajib dengan disiplin dan menambah ibadah sunnah juga bisa memperkuat kedekatan kita dengan Allah.

4. Memperluas Relasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses bertemu dengan jodoh adalah dengan memperluas pergaulan. Dengan demikian, peluang untuk menemukan pasangan yang cocok akan semakin besar. Namun, pastikan pergaulan yang dipilih adalah yang membawa kita ke arah kebaikan.

5. Pasang Kriteria yang Tidak Menyulitkan Diri Sendiri

Mengharapkan jodoh yang baik tentu bukanlah hal yang salah, tetapi menetapkan kriteria yang terlalu tinggi bisa menyulitkan diri sendiri. Oleh karena itu, tentukan standar yang realistis dan sesuai dengan kemampuan kita.

6. Minta Bantuan Orang Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: