LRT Jakarta Fase 1B Siap Uji Coba Track, Progres Konstruksi Capai 29,17 Persen

LRT Jakarta Fase 1B Siap Uji Coba Track, Progres Konstruksi Capai 29,17 Persen

Proyek LRT Jakarta Fase 1B siap uji coba track-Istimewa-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Progres pembangunan LRT Jakarta Fase 1B telah mencapai 29,17 persen hingga pekan ketiga bulan September 2024.

Saat ini tengah LRT Jakarta Fase 1B tengah mempersiapkan uji coba track atau jalur dari Stasiun Velodrome.

Uji coba ini dijadwalkan pada 30 September 2024. Uji coba ini m3njadi hal yang penting dalam memasuki fase lanjutan proyek, yaitu pengecekan jalur yang telah dibangun.

Sebelum uji coba dilakukan, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) bersama KSO (PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System) akan memastikan kesiapan infrastruktur, termasuk jalur, pekerjaan track, serta perangkat pendukung operasional lainnya. 

Semua persiapan ini dirancang untuk memastikan keamanan dan kelancaran uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B.

Sebagai bagian dari persiapan ini, setelah semua pemeriksaan rampung, akan dilakukan pemindahan peron operasional LRT Fase 1A di Stasiun Velodrome dari sisi barat ke sisi timur.

Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro Group, Dian Takdir menyampaikan, langkah ini bertujuan untuk menyelaraskan operasional LRT Jakarta dalam jangka panjang.

BACA JUGA:KAI Perpanjang Jam Operasional LRT Jabodebek, Ini Rincian Jadwal Barunya

BACA JUGA:Ada Pengangkatan Girder Pembangunan LRT Velodrome-Manggarai, Lalu Lintas Direkayasa Sementara

"Setelah persiapan tersebut selesai, uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B akan dilakukan menggunakan Kereta Luar Biasa, serta dilanjutkan dengan uji coba menggunakan MRV (Maintenance Rail Vehicle) dan 1 rangkaian LRV (Light Rail Vehicle)" kata Dian melalui keterangan tertulis pada Minggu, 29 September 2024.

Pencapaian pembangunan lintasan sepanjang 1,2 km dari Velodrome hingga rawamangun, dari target 6,4 km rute Velodrome-Manggarai ini jadi komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mempercepat realisasi transportasi massal yang modern, efisien, dan ramah lingkungan.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B sendiri dikerjakan dari dua sisi yakni zona Velodrome Pramuka dan zona Pramuka - Manggarai.

Pembangunan jalur ini bertujuan untuk mendukung Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral transportasi Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: