Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah Tiba-Tiba Saat Melaju Kencang

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah Tiba-Tiba Saat Melaju Kencang

Sejumlah pengguna mobil Kijang Innova Zenix serentak mengajukan keluhan pecahnya ban mobil belakang mereka saat berkendara.-tangkapan layar facebook@Evi Liana---

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sering membuat khawatir dan panik, beginilah cara yang benar Ketika mengalami ban mobil pecah secara tiba-tiba saat melaku kencang di jalan.

Ban mobil pecah secara tiba-tiba saat melaju kencang tentu menjadi pengalaman yang menegangkan bagi setiap pengemudi. 

Kejadian ini seringkali tidak terduga dan dapat memicu kepanikan. Namun, dengan pengetahuan dan tindakan yang tepat, Anda dapat mengendalikan situasi dan menghindari kecelakaan yang lebih parah.

BACA JUGA:Bahaya Jika Diabaikan, Ini Ciri dan Penyebab 'Pentil' Ban Mobil Rusak

BACA JUGA:Ketahui Gejala Flat Spot pada Ban Mobil dan Ini Cara Antisipasinya

Sebelum membahas cara mengatasinya, perlu dipahami terlebih dahulu mengapa ban mobil bisa mengalami pecah ban secara tiba-tiba.

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan Ketika mobil mengalami pecah ban secara tiba-tiba, namun pada umumnya hal ini bisa terjadi lantaran tekanan angin yang mungkin kurang atau berlebihan. Pasalnya tekanan angin pada ban yang tidak sesuai bisa membuat ban mobil menjadi lebih cepat aus dan bahkan Meletus karena berlebihan.

Hal lain yang mungkin bisa terjadi adalah karena ban mobil terkena benda atau objek yang tajam, yang membuat ban mobil mengalami kebocoran atau pecah dalam kondisi yang kencang.

Tidak hanya itu, factor lain yang menyebabkan ban mobil bisa pecah secara tiba-tiba adalah karena masa usia ban yang berlebihan dan sudah terlihat rapuh, kualitas ban mobil yang buruk atau cacat produksi meskipun ban tersebut masih baru, ataupun membawa beban yang berlebihan yang membuat tekanan pada ban menjadi lebih dan membuat ban menjadi Meletus.

Akan tetapi, sebelum ban mobil pecah, ada beberapa tanda yang bisa disadari oleh pengemudi, seperti:

1. Bunyi yang tidak biasa, ban yang akan pecah seringkali mengeluarkan suara seperti dentuman atau bunyi berderak saat melaju.

2. Getaran pada kemudi, jika Anda merasakan getaran yang tidak biasa pada kemudi, terutama saat melaju dalam kecepatan tinggi, segera periksa kondisi ban.

3. Ban terlihat aus atau benjol, jika ban sudah aus atau terdapat benjolan pada permukaannya, segera ganti ban tersebut.

4. Tekanan angin ban berkurang secara drastis, jika tekanan angin ban turun secara tiba-tiba, kemungkinan ada kebocoran atau kerusakan pada ban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: