Mengenal Rijsttafel: Hindangan Khas Indonesia di Restoran-Restoran di Belanda

Mengenal Rijsttafel: Hindangan Khas Indonesia di Restoran-Restoran di Belanda

Rijsttafel menu masakan khas Indonesia di restoran di Belanda --Amsterdam Food Tour

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Istilah Rijsttafel sangat dikenal di Belanda. Rijsttafel merupakan sebuah tradisi di restoran di Belanda yang menyediakan berbagai menu masakan khas Indonesia dalam satu meja.

Mengapa Rijsttafel sangat populer di Belanda? dan Bagaimana Sejarahnya ada istilahan Rijsttafel?

Istilah Rijsttafel merupakan gabungan dari kata 'Rijst' yang berarti nasi, dan 'Tafel' yang berarti meja. Secara harafiah Rijsttafel diartikan sebagai 'Meja Nasi'. 

Sesuai dengan artinya, Rijsttafel merupakan sebuah budaya makan yang berasal dari Belanda, di mana satu meja dipenuhi dengan berbagai hidangan berbasis nasi dan lauk-pauk ala Indonesia. 

BACA JUGA:

Dalam sajian Rijsttafel, terdapat beragam hidangan khas Indonesia, seperti tempe, sate ayam, serundeng, gado-gado, sambal lalap, nasi goreng, hingga soto ayam.

Dikutip melalui amsterdamfoodtours.com, Rijsttafel biasanya dinikmati para turis atau wisatawan melalui paket tour. Sehingga wisatawan bisa menikmati lokasi-lokasi tertentu, selain menyantap berbagai hidangan ala Indonesia dengan Rijsttafel.

Ada beberapa tour yang bisa wisatawan pesan jika ingin menyantap hidangan ala Indonesia dengan budaya Rijsttafel, di antaranya:

1. Tur Pribadi Makan Malam Jalan Kaki Indonesia

Dalam tur ini, Anda bisa menikmati sajian Rijsttafel Indonesia lengkap untuk makan malam, sambil mencoba makanan ringan dan minuman khas Belanda di beberapa tempat tradisional sepanjang perjalanan menuju restoran Indonesia.

BACA JUGA:

Pemandu tur juga akan menjawab pertanyaan Anda dan memberikan informasi seputar sejarah Amsterdam, makanan, serta peran kuliner Indonesia dalam budaya Belanda.

2. Tur Makanan dan Sejarah Belanda

Salah satu pemberhentian dalam tur ini menawarkan mini Rijsttafel, di mana Anda bisa mencicipi beragam hidangan lezat meskipun memiliki waktu yang terbatas di Amsterdam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: