Memperbaiki Pola Makan dan Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Lewat Makanan Fermentasi

Memperbaiki Pola Makan dan Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Lewat Makanan Fermentasi

Menurunkan Berat Badan Lewat Makanan Fermentasi--foto : tangkapan layar Youtube

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Anda mungkin sering mengonsumsi makanan fermentasi tiap hari, seperti tempe, atau tahu. fermentasi adalah proses mengawetkan bahan-bahan dalam makanan dan minuman. Jenis makanan fermentasi ini menyehatkan sistem pencernaan karena terdapat kandungan probiotik di dalamnya.

Makanan dan minuman sama-sama difermentasi, namun masing-masing mempunyai efek yang berbeda. Minuman fermentasi mengandung banyak gula, sehingga tidak baik untuk Anda.

Situasinya berbeda dengan makanan fermentasi. Jenis makanan tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah gula dan kalori.

Karena pada saat terjadi proses fermentasi, bakteri pada akhirnya akan mengkonsumsi gula yang ada pada makanan tersebut, sehingga pada akhirnya kandungan gula pada makanan tersebut akan berkurang.

BACA JUGA:

Di bawah ini berbagai jenis makanan fermentasi yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, dikutip dari laman Medical Daily.

1. Kedelai Fermentasi

Tempe dan tahu merupakan jenis kedelai fermentasi. Keduanya baik dikonsumsi karena mengandung protein yang meningkatkan sistem pencernaan.

Selain itu, bahan ini juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

2. Kimchi

Sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa makan kimchi memiliki banyak manfaat. Peneliti menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi kimchi mampu menurunkan berat badan.

BACA JUGA:

Mengonsumsi kimchi juga meningkatkan kadar gula darah, tekanan darah, dan rasio pinggang-pinggul.

3. Saus Tomat Fermentasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: