Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Makanan Manis: Waspada Risiko Buruk pada Kesehatan

Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Makanan Manis: Waspada Risiko Buruk pada Kesehatan

Ilustrasi foto: cara menikmati makanan dan minuman manis dengan tepat.-Foto: Unsplash.com/FarhadIbrahimzade-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mengonsumsi makanan manis memang bisa memberikan rasa senang, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, gula dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Tubuh memiliki cara untuk memberikan tanda-tanda jika kita mengonsumsi gula dalam jumlah yang terlalu banyak.

Penting untuk memahami sinyal ini agar kita bisa menjaga pola makan yang lebih seimbang dan menghindari risiko kesehatan serius.

Berikut 10 tanda-tanda tubuh kelebihan makanan manis.

1. Kelelahan dan Penurunan Energi

Salah satu tanda paling umum dari kelebihan gula adalah perasaan kelelahan yang muncul setelah makan. Gula memang bisa memberikan dorongan energi yang cepat karena meningkatnya kadar glukosa dalam darah.

Namun, lonjakan ini diikuti dengan penurunan drastis yang membuat tubuh merasa lelah.

Istilah ini dikenal dengan sugar crash, di mana kadar gula darah turun secara tiba-tiba setelah lonjakan awal, menyebabkan energi menurun dan tubuh terasa lemas.

2. Sering Merasa Haus dan Dehidrasi

Konsumsi gula yang berlebihan dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Saat kadar gula dalam darah meningkat, tubuh berusaha untuk mengeluarkan gula berlebih melalui urine, yang kemudian membuat tubuh kehilangan banyak air.

Akibatnya, kita akan sering merasa haus, dan jika dehidrasi tidak diatasi dengan baik, dapat berisiko menyebabkan gangguan pada ginjal.

3. Kulit Bermasalah

Gula berlebih dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan kulit. Salah satu efek yang sering muncul adalah munculnya jerawat. Gula dapat meningkatkan produksi hormon insulin, yang kemudian memicu peradangan dan produksi minyak berlebih di kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan terhadap jerawat dan iritasi.

Selain itu, gula juga dapat merusak kolagen, yang berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit, sehingga menyebabkan kulit tampak kusam dan cepat keriput.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: