Dapat Dilakukan di Rumah, Berikut 4 Cara Membersihkan Ginjal Secara Alami

Dapat Dilakukan di Rumah, Berikut 4 Cara Membersihkan Ginjal Secara Alami

Foto Ilustrasi: Kesehatan ginjal-ilustrasi-berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ginjal merupakan organ yang membantu tubuh memproses sekitar 200 liter darah, membuang kelebihan air dan produk limbah, membuang racun, dan menjaga tubuh berfungsi dengan baik. 

Jika ginjal lemah, mereka tidak akan mampu membuang racun dan limbah dari tubuh, mereka akan menumpuk di dalam tubuh dan mengganggu fungsi normal ginjal, hati, dan organ lainnya, yang menyebabkan kelelahan, sakit perut, sakit kepala, retensi air, dan masalah lainnya. 

Ginjal merupakan organ yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh manusia. Ginjal berfungsi untuk membuang limbah berlebih, menyeimbangkan elektrolit, dan memproduksi hormon.

Dengan tidak adanya penyakit, pola makan yang bergizi seimbang dan asupan air yang cukup dapat menjaga fungsi dan kesehatan ginjal. Namun, ada juga beberapa makanan dan jenis herbal tertentu yang bermanfaat untuk membersihkan ginjal.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan ginjal secara alami agar ginjal tetap sehat dan berfungsi optimal. Simak selengkapnya informasi di bawah ini.

BACA JUGA:

Konsumsi makanan yang mendukung kesehatan ginjal

- Cranberry

Cranberry sering dikonsumsi karena manfaatnya untuk kesehatan kandung kemihnya. Uji klinis yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi manisan cranberry kering setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan infeksi saluran kemih.

- Jus buah

Jus lemon, jeruk, dan melon mengandung asam sitrat. Sitrat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urine. Ini menghambat pertumbuhan kristal kalsium, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

- Rumput laut

Rumput laut coklat telah dipelajari untuk efek menguntungkannya pada pankreas, ginjal, dan hati.

- Makanan Kaya Kalsium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: