Tragis! Seorang Pria Tewas Usai Tertimpa Peserta Lain saat Lomba Panjat Pinang HUT RI

Tragis! Seorang Pria Tewas Usai Tertimpa Peserta Lain saat Lomba Panjat Pinang HUT RI

Seorang pria tewas usai ikuti lomba panjat pinang di Brebes, Jawa Tengah.--instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria tewas seketika saat mengikuti lomba panjat pinang usai jatuh tertimpa tubuh peserta lain. Rekaman video amatir tersebut lantas mengundang respon dari warganet yang merasa ngeri melihat kecelakaan panjat pinang tersebut. 

Terlihat seorang pria dalam video yang mengenakan celana jeans pendek, tiba-tiba jatuh terkapar sesaat menjadi tumpukan pijakan paling bawah para peserta lomba panjat pinang lain. Insiden itu terjadi, lantaran peserta paling atas tergelincir jatuh dan gagal mencapai puncak. 

Adapun menurut informasi yang beredar, kejadian itu terjadi di daerah Brebes, Jawa Tengah. Video viral ini diunggah akun X @folkshittmedia yang menayangkan detik-detik rekaman petaka maut panjat pinang.

Dalam tayangan awalnya para peserta panjat pinang membentuk dua formasi untuk naik ke atas setinggi 6-8 meter. Korban berada pada posisi dua dari bawah atau setinggi 1,5-2 meter yang menjadi tumpuan untuk rekannya naik ke atas.

BACA JUGA:

Ketika itu korban dalam posisi jongkok lalu berdiri untuk membuat dorongan ke atas dibantu rekan lainnya. Nahas, formasi mereka tak kuat hingga roboh. Korban jatuh dengan posisi miring dan tertimpa rekan di atasnya di bagian leher.

Seketika korban tak bergerak dan membuat suasana keriuhan lomba berubah menjadi dramatis. Kapolsek Bantarkawung, AKP Lukas Subekti, membenarkan peristiwa itu. Lomba panjat pinang itu, kata Lukas berlangsung pada Jumat, 16 Agustus 2024 sore.

Setelah terjatuh, Mulyono langsung dibawa ke tukang urut, namun karena kondisi korban luka cukup serius kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Alam Medica Bumiayu, sekitar pukul 19.00 WIB. Mulyono pun sempat dirawat selama satu hari.

Sayangnya, Mulyono dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB. Jenazah korban kemudian dibawa pulang ke rumah duka untuk dimakamkan.

BACA JUGA:

"Korban jatuh saat memanjat. Di atas korban ada rekannya, jatuh dan menimpa kepalanya. Sempat dibawa ke rumah sakit tapi akhirnya meninggal dunia," ujar Lukas.

Lukas menambahkan, kegiatan panjat pinang ini dilakukan secara spontanitas oleh warga tanpa adanya kepanitiaan resmi. Meskipun demikian, Lukas menegaskan bahwa peristiwa ini menjadi pengingat akan pentingnya keselamatan dalam setiap kegiatan lomba tradisional.

"Setiap kegiatan lomba harus mementingkan keselamatan peserta, agar kejadian ini tidak terulang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: