5 Pola Makan yang Jadi Penyebab Asam Lambung, Umumnya Disepelekan

5 Pola Makan yang Jadi Penyebab Asam Lambung, Umumnya Disepelekan

Asam Lambung dan GERD bisa dipicu dari faktor eksternal yaitu pola makan yang salah--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan. Hal ini menyebabkan rasa terbakar di dada atau sensasi tidak nyaman lainnya. 

Nyatanya, ada banyak faktor yang dapat memicu atau memperburuk gejala ini, salah satunya kebiasaan makan yang kurang baik. Tidak hanya mengonsumsi makanan pedas, ada sederet kebiasaan makan lainnya yang kerap diremehkan tetapi ternyata bisa memicu asam lambung. Penasaran? Simak daftarnya berikut ini.

1. Makan dengan Porsi Besar

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus adalah salah satu pemicu utama asam lambung. Ketika perut terlalu penuh, tekanan dalam perut meningkat yang memaksa katup kerongkongan bawah terbuka dan memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Olehnya itu, sebagai solusi Beauties perlu mengatur porsi makan menjadi lebih kecil namun lebih sering. Misalnya, makan lima hingga enam kali sehari dalam porsi yang kecil lebih baik dibandingkan tiga kali dengan porsi besar.

2. Makan Banyak Karbohidrat dan Gula

Makanan tinggi karbohidrat dan gula juga dapat memperburuk gejala asam lambung. Hal itu karena karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan kue-kue manis, dapat meningkatkan produksi gas di perut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan memicu refluks asam. 

Sementara konsumsi gula berlebih juga bisa menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam. Untuk mengurangi risiko asam lambung, sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh dan sayuran yang lebih mudah dicerna dan tidak memicu produksi gas berlebih.

3. Makan makanan yang berlemak serta berminyak

Makanan berlemak dan berminyak seperti gorengan, daging merah, dan produk susu berlemak tinggi dapat memperlambat pengosongan perut sehingga meningkatkan risiko refluks asam. Faktanya, makanan berlemak juga cenderung membuat katup kerongkongan bawah menjadi lebih lemah. Hal itulah yang membuat asam lambung lebih mudah untuk naik. 

Maka, meski makanan berlemak dan berminyak tampaknya memang selalu menggoda, cobalah untuk membatasi konsumsinya. Kamu bisa ganti dengan makanan yang rendah lemak dan lebih mudah dicerna, seperti daging tanpa lemak, ikan, dan sayuran.

BACA JUGA:Resep Bebek Goreng Madura Bumbu Serundeng: Nikmatnya Cita Rasa Khas Nusantara

BACA JUGA:Aneka Resep Choco Muffin: Camilan Legit dan Lembut yang Gampang Dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: