7 Ide Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung, Cegah Perut Perih!

7 Ide Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung, Cegah Perut Perih!

ilustrasi dokter tangani asam lambung --tangkapn layar

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penderita asam lambung sebaiknya makan dalam porsi kecil dan sering. Pola makan ini dapat membantu untuk mengontrol kadar asam lambung. Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. 

Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area adad bagian bawah dan perut.

Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu. 

Beberapa orang dengan kesehatan tertentu, seperti asam lambung juga harus mengonsumsi sarapan sehat. sarapan sehat untuk penderita asam lambung akan membuat penyakit pencernaan tersebut tidak mudah kambuh.

BACA JUGA:

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini menu sarapan sehat yang bagus untuk penderita asam lambung, diantaranya:

Buah dan jus asam rendah 


Ilustrasi buah--Foto: buahaz.com

Mengutip dari Live Strong, penderita asam lambung bisa makan buah dan jus saat sarapan. Dengan catatan, buah dan jus tersebut memiliki kadar asam rendah. Beberapa contoh buah-buahan yang memiliki kadar asam rendah adalah apel, pisang, semangkam blewah, dan buah pir. 

Telur

Apabila ingin mengonsumsi protein, cobalah untuk menambahkan telur ke menu sarapan karena produk ini bergizi dan baik untuk lambung. Telur merupakan pilihan protein yang baik saat sarapan karena lebih mengenyangkan daripada karbohidrat dan lemak. Makanan yang membuat perut kenyang lebih lama dapat membantu mengatasi asam lambung karena penderitanya tidak akan makan berlebihan.

Salad 


Ilustrasi foto: salad/FarhadIbrahimzade-

Salad yang terbuat dari sayuran kaya air seperti seledri dan mentimun baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Berdasarkan Johns Hopkins Medicine, konsumsi makanan yang mengandung banyak air bisa membantu mengencerkan asam lambung. Anda bisa menambahkan brokoli, asparagus, kacang hijau, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: