Inilah Efek Positif Pada Tubuh Jika Rutin Konsumsi Buah Semangka, Apa Saja Sih?

Inilah Efek Positif Pada Tubuh Jika Rutin Konsumsi Buah Semangka, Apa Saja Sih?

Ilustrasi buah semangka.-Foto: Unsplash.com/RensD-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Buah Semangka (Citrullus Lanatus) merupakan buah yang sangat populer dan memiliki ciri khas berupa daging buah berwarna merah muda yang segar dan manis, serta kulit hijau tebal yang melindungi isinya. 

Buah ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon, dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Buah semangka kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan asam folat. 

Selain itu, semangka juga mengandung likopen, senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini dikenal karena khasiatnya yang menyegarkan dan menghidrasi. 

Semangka terdiri dari 92% air dan 8% gula, buah super ini tidak hanya membantu menghilangkan dahaga Anda tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan mental. Ketika kadar merkuri meningkat, banyak orang mengalami penurunan suasana hati atau peningkatan tingkat kecemasan.

BACA JUGA:

Jika kamu termasuk orang yang suka makan semangka, kamu akan senang mengetahui bahwa mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan berbagai keuntungan bagi tubuhmu.

Dari membantu menjaga hidrasi hingga mendukung kesehatan jantung dan otot, semangka memiliki banyak manfaat yang patut untuk dipertimbangkan.

Melansir Eating Well, mari kita lihat beberapa hal positif yang akan terjadi pada tubuh jika kamu rajin mengonsumsi buah berwarna merah cerah ini, diantaranya:

Peningkatan Antioksidan

Warna merah muda semangka berasal dari likopen, antioksidan yang kuat. Likopen, bersama dengan vitamin C, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan neurodegeneratif. Konsumsi semangka secara rutin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan stres oksidatif.

Menjaga Kesehatan Jantung

Semangka mengandung senyawa antioksidan dan lyopen yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jntung. Kandungan lycopene yang terdapat pada semangka membantu mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu buah semangka mengandung banyak kandungan vitamin, mineral dan senyawa fitokimia yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Mengoptimalkan Kesehatan Arteri

Semangka mengandung asam amino arginin, yang dapat membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: