Inilah Efek Positif Pada Tubuh Jika Rutin Konsumsi Buah Semangka, Apa Saja Sih?

Inilah Efek Positif Pada Tubuh Jika Rutin Konsumsi Buah Semangka, Apa Saja Sih?

Ilustrasi buah semangka.-Foto: Unsplash.com/RensD-

BACA JUGA:

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah semangka mengandung vitamin A, C, dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah ini mengoptimalkan kesehatan sel pada mata. Selain itu, antioksidan mampu melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas yang memicu degenerasi makula. Kandungan air dalam semangka pun mampu menghidrasi mata sehingga menjaga kelembapan mata.

Meningkatkan Hidrasi

Semangka mengandung sekitar 92 persen air, yang menjadikannya pilihan ideal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kandungan air yang tinggi membantu menjaga keseimbangan elektrolit karena semangka juga mengandung potasium dan magnesium. Konsumsi semangka dapat berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan cairan harian Anda, yaitu sekitar 11,5 cangkir untuk wanita dan 13 cangkir untuk pria.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Buah ini banyak mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium. Keduanya memiliki kemampuan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Keseimbangan elektrolit yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah kelainan irama jantung.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan air tinggi yang terdapat dalam semangk dapat membantu mempercepat pengeluaran racun dari tubuh melalui urin, sehingga dapat menjaga kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa efek positif yang terjadi pada tubuh jika rutin konsumsi buah semangka. Namun ingat, konsumsilah buah ini dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: