Berikut Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Agar Hidup Sejahtera dan Bahagia

Berikut Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Agar Hidup Sejahtera dan Bahagia

Ilustrasi berjalan kaki.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Olahraga tak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berusia muda saja. Menginjak usia 40 tahun bukan berarti membuat seseorang tak bisa berolahraga lagi lho.

Ada banyak olahraga yang dapat dilakukan oleh orang-orang berumur 40 tahun ke atas yang tetap butuh bergerak setiap harinya. 

Padahal, olahraga di usia 40 tahun ke atas sangat penting karena berat badan mulai bertambah. Jenis dan intensitas olahraga yang bagus untuk 40 tahun ke atas tidak sama seperti orang usia muda. Pilihlah aktivitas fisik aman guna menghindari cedera yang mungkin terjadi.

Durasi olahraga untuk usia 40 tahun ke atas tidak jauh berbeda dengan durasi pada umumnya. Olahraga ringan bisa dilakukan minimal 30 menit per hari. Bila olahraga intens seperti lari atau joging yang jadi pilihan, cukup lakukan 15 menit per hari.

BACA JUGA:

Lantas, apa saja olahraga atau senam yang cocok untuk usia 40 tahun? Berikut beberapa di antaranya:

Jalan kaki 


Ilustrasi orang sedang berjalan kaki di pagi hari.-Foto: Unsplash.com-

Jalan kaki adalah aktivitas murah dan berdampak rendah yang dapat dilakukan di mana saja. Jalan kaki dapat membakar kalori, serta menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Ini juga bagus untuk menghilangkan stres dan mengendalikan berat badan. Salah satu manfaat signifikan jalan kaki bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas adalah membantu pemulihan otot. 

Yoga 

Yoga dapat membangun sekaligus mempertahankan kekuatan otot. Selain itu, manfaat yoga juga membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres. Olahraga untuk usia 40 tahun ini bahkan dapat menurunkan tekanan darah, serta mencegah dan mengurangi depresi. Baru memulai yoga untuk usia 40? Coba lakukan selama 10-25 menit terlebih dahulu.

Berenang


Ilustrasi Berenang untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran--Freepik.com

Olahraga berikutnya yang dapat dilakukan orang-orang 40 tahun ke atas adalah berenang yang menjadi salah satu kegiatan kardio. Orang-orang dengan usia 40 tahun ke atas bisa berenang selama 30 menit dengan gerakan yang cenderung lebih ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: