Berikut Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Agar Hidup Sejahtera dan Bahagia

Berikut Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Agar Hidup Sejahtera dan Bahagia

Ilustrasi berjalan kaki.--Pinterest.com

Barre

Barre adalah sebuah latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik. Isometrik adalah kontraksi otot ketika otot-otot tidak memanjang atau memendek, seperti tidak ada gerakan yang nyata, tetapi di dalam otot ada ketegangan. Semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan diubah menjadi panas. Latihan ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Keduanya dapat menangkal cedera dan rasa nyeri. Sekitar 30 menit latihan cukup untuk mendapatkan manfaat olahraga barre.

BACA JUGA:

Spin

Latihan ini sangat bermanfaat bila tidak ingin terjadi ketegangan di otot dan sendi. Gaya latihan ini tidak hanya membantu kesehatan jantung, tapi juga membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat. Orang usia lebih dari 40 tahun dan sedang dalam program menurunkan berat badan dapat mencoba spin minimal 30 menit sebanyak 3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pilates

Pilates juga bisa menjadi satu di antara pilihan olahraga yang bagus untuk umur 40 tahun ke atas. Orang yang mengalami nyeri di seluruh badan dapat mencoba ikut kelas pilates. Manfaat pilates dapat membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah cedera.

Pilates juga baik untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah. Melakukan olahraga ini sekitar 20 menit dalam satu kali sesi latihan sudah cukup bagi usia 40 tahun.

Latihan Ringan dengan Dumbell

Latihan ringan berikutnya yang bisa dilakukan oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas adalah menggunakan dumbell. Tanpa keluar rumah, orang-orang berusia 40 tahun ke atas bisa melakukan latihan ringan 20 menit untuk 2 kali seminggu.

Nah itulah, beberapa olahraga yang dapat dipraktikan untuk usia 40 tahun ke atas. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: