Timnas Indonesia Atur Ulang Rotasi Pemain Jelang Kontra Lawan Kamboja di Piala AFF U19 2024

Timnas Indonesia Atur Ulang Rotasi Pemain Jelang Kontra Lawan Kamboja di Piala AFF U19 2024

Indra Sjafri saat gelar latihan bersama timnas Inoneia U19 jelang lawan timnas Kamboja U19 di Piala AFF -PSSI-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Timnas Indonesia U19 kini akan kembali fokus menatap laga kedua mereka melawan timnas Kamboja U19 di pertandingan Piala AFF U19 2024.

Pelatih skuad garuda muda Indra Sjafri kembali mengatakan kalau dalam turnamen ini (ASEAN U-19 Boys Championship 2024) dia dan tim memanfaatkannya sebagai fase untuk mencari komposisi terbaik.

“Terutama di fase grup ini. Untuk itu, dalam setiap laga kami akan selalu melakukan rotasi pemain, maksimal lima pergantian, itu akan kita manfaatkan. Apakah itu di awal, atau pertengahan babak. Secara keseluruhan semua pemain dalam keadaan fit, tidak ada yang cedera, laporan dari tim dokter pagi tadi, semua pemain dalam kondisi yang baik,” buka Indra saat latihan tim, Jumat (19/7).

Walaupun tim ini dalam laga perdananya sukses meraih kemenangan 6-0 melawan Filipina, namun pelatih asal Sumatra Barat ini selalu mengingatkan kepada pemain dan juga jajaran pelatihnya agar periodisasi setiap laga itu harus terus bisa lebih baik.

“Kita ada diskusi sebelum latihan, kami melakukan evaluasi dengan merefleksi diri masing-masing, tiga hal yang baik yang dilakukan pemain pada laga sebelumnya dan tiga hal tak baik yang dilakukan. Saya katakan, apa yang bisa diperbaiki saat ini, contoh; pengambilan keputusan yang salah, bisa diperbaiki,” jelasnya.

BACA JUGA:

“Kalau teknis skill tidak bisa secepat itu diperbaiki tapi kalau cara mengambil keputusan itu tergantung visi masing-masing pemain, tergantung bagaimana mereka melihat situasi. Hal itu yang mungkin bisa diperbaiki dalam waktu dekat,” tambahnya.

Namun, dirinya tidak akan menuntut terlalu dalam agar anak asuhnya bisa menemukan solusi dan berkembang sendiri melalui proses.

“Saya selalu memberikan ruang agar para pemain bisa merefleksi diri agar dapat mengembangkan diri juga,” tambahnya.

Ssementaraa mengenai calon lawan yaitu timnas Kamboj U19, pelatih timnas Indonesia U19 Indra Sjafri menilai Kamboja memiliki daya juang tinggi.

Meskipun timnas Kamboja U19 menelan kekalahan dengan skor 2-3 di laga perdana melawan Timor Leste, penampilan Kamboja patut mendapatkan apresiasi.

Pasalnya, timnas Kamboja U19 sempat tertinggal 0-3 pada laga tersebut. Namun, Kamboja mampu mengejar dua gol setelahnya. Hal itu yang patut diwaspadai dari tim tersebut. Dia juga meminta anak asuhnya untuk tidak meremehkan sang calon lawan.

“Secara mental, tidak boleh ada yang jemawa. Tidak boleh ada yang merasa enteng apapun situasinya dan siapapun lawan. Di sepak bola apa saja bisa terjadi. Kita lihat Kamboja main begitu bagus di 10 hingga 20 menit tiba-tiba 3 gol bisa dicetak oleh Timor Leste,” ungkapnyaa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pssi