Jangan Panik Dulu Moms, Ternyata Perilaku Anak yang Sering Dianggap 'Aneh' Ini Sebenarnya Normal Lho!

Jangan Panik Dulu Moms, Ternyata Perilaku Anak yang Sering Dianggap 'Aneh' Ini Sebenarnya Normal Lho!

Foto Ilustrasi--unsplash.com

Sebagian besar anak suka sekali memungut sesuatu dari lantai, sofa, atau karpet, lalu memasukkannya ke dalam mulut. Meski kelihatannya menjijikkan, tapi sebenarnya perilaku anak yang satu ini termasuk normal lho, Moms. Anak-anak yang notabene berada dalam fase eksplorasi, menggunakan berbagai cara untuk bisa memahami sesuatu dari lingkungan di sekitarnya, salah satunya dengan memungut makanan atau sesuatu dari lantai lalu memakannya.

Meski terbilang normal, namun Ibu perlu ekstra waspada dan betul-betul memperhatikan benda apa yang dipungut dan dimakan oleh anak ya. Pastikan benda tersebut bukan benda berbahaya seperti jarum, koin, atau kancing baju. Benda-benda itu selain bisa menyakiti anak juga sangat rawan tertelan. Selain itu, Ibu juga mungkin perlu menemui dokter jika anak menunjukkan obsesi memakan kotoran atau makanan hewan peliharaan.

Menempelkan Benda ke Hidung

Perilaku anak yang seringkali menempelkan benda ke hidung bukanlah sesuatu yang aneh. Hal tersebut dilakukan karena keingin tahuannya dalam mengetahui sesuatu yang baru. Bisa jadi mereka penasaran dengan aroma benda tersebut. Asalkan yang ditempelkan bukanlah hal yang berbahaya sih, tidak masalah.

Membaca Buku Berulang Kali

Biasanya sebelum tidur anak minta dibacakan buku cerita, lalu setelah ia semakin besar maka anak akan membacanya sendiri. Kadang anak belum bisa membaca pun bergaya seperti ia sedang membacakan mamanya. Lalu terkadang orang tua merasa bingung, mengapa anak membaca buku yang sama berulang kali. Ini sama halnya dengan menyanyikan lagu yang sama atau memainkan game yang sama berulang kali.

Dilansir dari laman Pick Any Two, pengulangan sangat membantu perkembangan bicara balita. Saat mendengar kata dan frasa yang sama berulang kali, ini membantu memperkuatnya ke dalam perbendaharaan kata anak-anak. Selain itu, anak-anak kecil sangat senang mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.

Jadi ketika Moms sudah pernah membacakan buku, lalu ia belum bisa baca tapi ia bertingkah seolah-olah sedang membacakan bukunya untuk ibunya, maka ia sedang menikmati kondisi bahwa ia sudah mengetahui hal selanjutnya sebelum orang lain mengetahuinya.

Itulah beberapa perilaku anak yang dinilai aneh padahal itu adalah hal wajar sebagai proses belajar anak di usia balita. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: