Pengemudi Wajib Tahu, Ini Sanksi Tilang 2024 Jika Tidak Bawa SIM saat Berkendara

Pengemudi Wajib Tahu, Ini Sanksi Tilang 2024 Jika Tidak Bawa SIM saat Berkendara

Adapun besaran denda tilang antara Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta.--Pinterest

Berdasarkan undang-undang Pasal 288 ayat 2, "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan dan tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi yang sah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf b, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan dan/atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)." Oleh karena itu, pengendara yang memiliki Surat Izin Mengemudi namun tidak dapat menunjukkannya saat pemeriksaan dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Maka dari itu, penting bagi setiap pengemudi untuk selalu membawa Surat Izin Mengemudi secara sah guna menghindari sanksi hukum yang telah diatur secara rinci dalam undang-undang.

BACA JUGA:

Biaya denda tilang tidak punya SIM di tahun 2024 masih sama dengan tahun sebelumnya. Seseorang tidak memiliki SIM akan di denda dengan hukuman pidana kurungan paling lama empat bulan. Atau membayar denda tilang paling banyak sebesar Rp 1.000,000 (satu juta rupiah).

Hal tersebut sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 22 Th. 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 283. 

Untuk menghindari denda tersebut, maka setiap pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. Hal tersebut semata-mata sebagai bukti bahwa pengendara sudah kompeten dan layak mengendarai kendaraan di jalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: