Wajib Hindari! Berikut Minuman Tinggi Gula dalam Kemasan yang Berbahaya Bagi Tubuh

Wajib Hindari! Berikut Minuman Tinggi Gula dalam Kemasan yang Berbahaya Bagi Tubuh

Ilustrasi jus buah kemasan yang mengandung tinggi gula.--

Jus Buah


Ilustrasi jus buah kemasan yang mengandung tinggi gula.--

Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa mengonsumsi minuman kemasan jus buah bisa memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Tapi sayangnya, jus buah kemasan mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga minuman ini akan memberi dampak negatif yang lebih banyak daripada sisi positifnya. Meskipun jus buah kemasan tidak ditambahkan lagi dengan pemanis tambahan, kandungan gula di dalamnya tetap sangat tinggi. Misalnya, satu gelas jus anggur kemasan mengandung 36 gram gula, yang tidak berbeda jauh dengan segelas soda lemon yang mengandung 44 gram gula.

Minuman Kopi


Contoh kopi kemasan yang mengandung gula tinggi.--

Minuman kopi memang memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Tapi ini hanya berlaku bila mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula. Lain lagi ceritanya jika mengonsumsi kopi dengan tambahan krim, serbuk coklat, susu, atau perasa lain seperti yang ada di kopi kemasan. Sebagai gambaran, satu gelas mocha frappuccino dari gerai kopi bisa mengandung 61 gram gula. Jumlah gula sebanyak ini bisa memenuhi sepertiga gelas bila dituang langsung tanpa air.

BACA JUGA:

Minuman Berenergi


Ilustrasi minuman energi kemasan.--

Bagi mereka yang memiliki aktivitas padat, biasanya mereka akan mengandalkan minuman berenergi sebagai stimulan untuk menyegarkan tubuh. Memang benar, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, minuman berenergi bisa membawa pengaruh buruk terhadap jantung karena mengandung kafein dan taurinnya. Selain kedua faktor tersebut, minuman berenergi juga mengandung gula yang sangat tinggi, yakni sekitar lebih dari 25 gram per kemasan 259 mililiter.

Es Teh Manis


minuman es teh kemasan yang mengandung gula tinggi. --

Teh adalah salah satu minuman yang menyehatkan karena kadar antioksidannya yang tinggi, tapi jika dikonsumsi dari bubuknya langsung. Bila dikonsumsi dalam bentuk kemasan, manfaat antioksidannya akan terbuang sia-sia karena es teh manis kemasan berukuran 340 mililiter, mengandung hingga 35 gram gula.

Berkaitan dengan masalah labeling pada produk minuman berkemasan, Menkes Budi mengatakan bahwa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengatur permasalahan itu sudah siap. 

Namun, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa labeling yang akan digunakan adalah 'color guide' untuk minuman manis berkemasan mengadopsi aturan 'Nutrigrade' yang sudah ada di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: