Amalan Menjelang Maghrib Menurut Sunnah Rasulullah SAW, Ladang Pahala yang Berkah

Amalan Menjelang Maghrib Menurut Sunnah Rasulullah SAW, Ladang Pahala yang Berkah

Amalan menjelang Maghrib menurut sunnah Rasulullah --pexels.com/GR Stocks

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Amalan menjelang Maghrib menurut sunnah Rasulullah SAW sangat penting untuk diketahui oleh umat muslim. 

Amalan menjelang Maghrib menurut sunnah Rasulullah, salah satunya kita dianjurkan untuk melaksanakan berbagai wirid dan doa agar memperoleh pahala dan keberkahan dari Allah SWT. 

Penjelasan mengenai amalan menjelang Maghrib menurut sunnah Rasulullah ini juga banyak ditemukan dalam hadis. Menjelang Maghrib, kita sebaiknya menghindari aktivitas yang dapat melalaikan dari mengingat Allah SWT. 

Amalan-amalan menjelang Maghrib menurut sunnah Rasulullah tersebut juga memberikan perlindungan dari gangguan setan dan mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa amalan menjelang Maghrib menurut sunnah Rasulullah, seperti dilansir Radarpena dari kanal Youtube Doa Pedia.

1. Menutup Pintu Rumah

Saat menjelang Maghrib, kita sering mendengar nasihat untuk menutup pintu dan jendela rumah serta meminta anak-anak untuk pulang ke rumah sebelum waktu Maghrib. 

BACA JUGA:

Ternyata, nasihat ini bukan sekadar mitos, melainkan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila masuk awal malam, beliau mengatakan: Apabila memasuki waktu sore, maka tahanlah anak-anak kalian. Karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Apabila sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Memasukkan Ternak dan Anak-anak ke Dalam Rumah

Selain menutup pintu, kita juga dianjurkan untuk memasukkan hewan ternak dan menjaga anak-anak agar tetap berada di dalam rumah menjelang Maghrib. 

Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat yang berbunyi: “Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam. Sampai berlalunya awal Isya karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal Isya.”

3. Amalan Wirid dan Dzikir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: