Jangan Anggap Sepele! Ternyata Ini Penyebab Doa Tak Dikabulkan Allah SWT

Jangan Anggap Sepele! Ternyata Ini Penyebab Doa Tak Dikabulkan Allah SWT

Ilustrasi muslim sedang berdoa-Sumber : FREEPIK-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Banyak doa yang dijamah dan dikabulkan oleh Allah SWT, namun tidak sedikit juga doa yang tidak dikabulkan. Ada berbabagai macam penyebab sehingga doa kita tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, penting bagi kita ketahui penyebab doa tidak terkabul, hal ini bisa menjadi kesadaran diri kita supaya bisa merubah cara kita memanjatkan doa menjadi lebih baik.

Ada banyak penyebab doa yang sering kita panjatkan tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa adalah salah satu bentuk amalan yang penting. Saat berdoa, tentunya seorang muslim berharap agar Allah SWT mendengar dan mengabulkan doa tersebut.

Allah SWT telah berjanji bahwa akan mengabulkan apapun yang dimininta oleh hamba-Nya. Janji Allah SWT tersebut termaktub dalam Al-Qur'an maupun hadits.

BACA JUGA:

Dikutip dari buku karya Syaikh Abdurrazaq bin Abdulsulaiman al-badr, diterangkan ada beberapa hal yang dapat menyebabkan doa tidak terkabul karena berbagai penyebab diantaranya sebagai berikut:

1. Gak pernah bersyukur

Allah selalu memberikan kenikmatan dan mencukupi semua kebutuhan umatnya. Namun sebagai manusia, sering kali kita lupa bersyukur atas nikmat Allah, sehingga membuat doa tidak terkabulkan.

Dari An Nu’man bin Basyir, Nabi saw bersabda, “ Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (H.R Ahmad,4/278).

2. Konsumsi makanan haram

"wahai manusia! ketahuilah Allah itu bersih dan tidak akan menerima kecuali yang bersih. ketahuilah Allah telah memerintahkan orang-orang beriman sebagaimana perintah-Nya kepada para nabi. "wahai para rasul! makanlah dari yang baik dan beramal baiklah! karena sesungguhnya aku maha mengetahui dengan perbuatan kalian!" (QS. Al-Mukmin;51)

Allah juga Berfirman:"wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari yang baik, dari apa yang aku rezekikan kepada kalian!" (QS. Al-Baqarah;172).

3. Tergesa-gesa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: