Jangan Anggap Sepele! Ternyata Ini Penyebab Doa Tak Dikabulkan Allah SWT

Jangan Anggap Sepele! Ternyata Ini Penyebab Doa Tak Dikabulkan Allah SWT

Ilustrasi muslim sedang berdoa-Sumber : FREEPIK-

Dari Abu Hurairah radhiyallohu'anhu, Nabi Shallallaahu'alaihi wa sallam pernah bersabda "doa sorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa dalam berdo'a.

Maksud dari tergesa-gesa adalah seseorang yang mengatakan bahwasannya mereka telah berdoa namun tidak ada satupun doa yang dikabulkan oleh Allah SWT." (HR. Muslim, No 2735).

4. Lupa sebut nama Allah SWT

Allah SWT memiliki 99 nama yang dikenal dengan Asmaul Husna. Agar doa kita mudah dikabulkan, sebaiknya sebut nama-nama Allah saat berdoa, seperti “Ya Allah Ya Rahman” atau “Ya Allah Ya Rahim”.

Firman Allah dalam surah Al Araf 180 bersabda : "Allah SWT, mempunyai asmaul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu."

5. Gak khusyuk saat berdoa

Penyebab doa tidak terkabul yang terakhir adalah karena tidak kusyuk dalam berdoa. Kekusyukan dalam doa bisa membuatmu lebih fokus kepada Allah, dan melupakan hal-hal yang bersikap duniawi.

Seperti sabda Allah bahwa:

"Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami." (Q.S. Al-Anbiya’:90).

6. Tak Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa

Saat berdoa, wajib mengangkat kedua tangan agar doa terkabul. Aisyah radhiyallahu ‘anha bersabda:

"Sesungguhnya beliau melihat Rasulullah berdoa sambil mengangkat tangan dan berkata: "Ya Allah, sesungguhnya saya hanyalah seorang manusia" (Adab Mufrad 613, berkata Al Hafidl: “Sanadnya shahih.").

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: