Perhatikan! Ini Ciri-ciri Aki Motor Masih Bisa Dicas atau Tidak, Berakibat Fatal Jika Dipaksakan

Perhatikan! Ini Ciri-ciri Aki Motor Masih Bisa Dicas atau Tidak, Berakibat Fatal Jika Dipaksakan

Ketahui ciri-ciri aki motor yang masih layak untuk dicas kembali atau tidak. Jangan dipaksakan jika tidak ingin terjadi hal yang fatal--Astra Daihatsu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Aki merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor. 

Fungsi aki kendaraan adalah sebagai penyimpanan daya listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, ataupun komponen lainnya yang berkaitan dengan listrik.

Seringnya penggunaan, aki akan mengalami penurunan performa maka dari itu perlu adanya pergantian. Tetapi ada juga jenis aki yang bisa dicas Kembali untuk bisa meningkatkan performa.

BACA JUGA:Ketahui 5 Kerusakan Umum Ini Sering Mengintai Honda BeAT Kesayangan, Ini Penyebabnya!

BACA JUGA:Tips Menentukan Berat Ideal Roller Motor Matic Biar Makin Responsif

Namun tidak semua aki yang ternyata bisa dicas ulang, hal ini dipengaruhi oleh banyak penyebabnya.

Untuk itu perlu pemahaman tentang aki yang masih layak untuk dicas Kembali atau tidak. Pasalnya, jika dipaksakan mungkin hanya bisa bermanfaat sementara dan membuat kendaraan Kembali bermasalah.

Ciri-ciri Aki Lemah

Sebelum membahas cara mengetahui kelayakan aki untuk di cas, penting untuk memahami ciri-ciri aki yang lemah. Berikut beberapa tandanya:

1. Mesin sulit dihidupkan

Ini merupakan salah satu tanda paling umum dari aki lemah. Starter mobil membutuhkan daya yang besar untuk memutar mesin, dan aki yang lemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup.

2. Lampu redup

Aki yang lemah juga dapat menyebabkan lampu mobil redup, terutama saat mesin dihidupkan. Hal ini karena aki tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk bohlam lampu.

3. Klakson lemah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: