Perhatikan! Ini Ciri-ciri Aki Motor Masih Bisa Dicas atau Tidak, Berakibat Fatal Jika Dipaksakan

Perhatikan! Ini Ciri-ciri Aki Motor Masih Bisa Dicas atau Tidak, Berakibat Fatal Jika Dipaksakan

Ketahui ciri-ciri aki motor yang masih layak untuk dicas kembali atau tidak. Jangan dipaksakan jika tidak ingin terjadi hal yang fatal--Astra Daihatsu

Klakson membutuhkan daya yang cukup untuk menghasilkan suara yang keras. Jika klakson Anda terdengar lemah, ini bisa menjadi tanda aki lemah.

4. Korosi pada terminal aki

Korosi pada terminal aki dapat mengganggu aliran arus listrik. Periksa terminal aki untuk melihat apakah ada korosi berwarna putih atau hijau.

5. Umur aki

Aki memiliki masa pakai rata-rata sekitar 3-5 tahun. Jika aki Anda sudah lebih tua dari itu, kemungkinan besar perlu diganti.

Cara Mengetahui Kelayakan Aki untuk Di Cas

Setelah mengetahui ciri-ciri aki lemah, maka perlu adanya pengecasan aki atau pergantian baru. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah aki perlu di cas atau tidak:

1. Menggunakan voltmeter

Voltmeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik. Anda dapat menggunakan voltmeter untuk mengukur tegangan aki. Jika tegangan aki di bawah 12 volt, kemungkinan besar perlu di cas.

2. Melakukan tes beban

Tes beban adalah cara untuk menguji kemampuan aki untuk memberikan daya di bawah beban. Tes ini biasanya dilakukan di bengkel mobil.

3. Memeriksa indikator aki

Beberapa aki memiliki indikator yang menunjukkan tingkat keausan aki. Jika indikator berwarna merah, kemungkinan besar aki perlu di cas atau diganti.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Arti Penting Tanda Segitiga pada Ban Kendaraan, Bahaya Jika Diabaikan!

BACA JUGA:Air Menetes Terus dari Kolong Mobil? Ini Cara Tepat Mengetahui Penyebabnya dan Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: