Wajib Tahu! Ini Arti Penting Tanda Segitiga pada Ban Kendaraan, Bahaya Jika Diabaikan!

Wajib Tahu! Ini Arti Penting Tanda Segitiga pada Ban Kendaraan, Bahaya Jika Diabaikan!

Segitiga TWI atau Treat Wear Indicator berfungsi untuk menentukan masa pakai ban kendaraan guna menghindari kausan pada tapak ban--Honda Community

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi Sebagian orang, performa ban mobil masih sering kali diabaikan dan dianggap sepele.

Padahal ban merupakan salah satu komponen dari kendaraan yang memiliki peran yang cukup penting dalam performa mobil dan juga keselamatan penumpangnya.

Ban merupakan salah satu komponen dari kendaraan yang langsung bersentuhan langsung dengan jalan. Tentunya ini memiliki banyak resiko jika abai untuk diperhatikan.

Kondisi ban yang tidak baik dan ban yang sudah layak ganti jika terus dipaksakan maka akan berdampak yang buruk bahkan bisa mengancam jiwa.

BACA JUGA:

Mengarah pada anjuran pabrikan ban kendaraan, ternyata pada setiap ban kendaraan baik mobil atau motor sudah ada tanda kelayakan sebuah ban.

Tanda tersebut berbentuk segitiga kecil yang dikenal sebagai Tread Wear Indicator (TWI) yang terletak di permukaan ban.

Namun tidak semua ternyata sudah memahami hal tersebut, dan tidak semua orang yang meyadari akan tanda TWI tersebut.

Lantas apa itu TWI dan fungsi tanda tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Arti dan Fungsi Segitiga TWI Ban Mobil

Salah satu tanda untuk melakukan pergantian ban baru adalah dengan memperhatikan tanda segitiga TWI atau tread wear indicator.

Tanda segitiga ini terletak diantara pola tapak ban dan biasanya berukuran kecil. Meski kecil ternyata TWI memiliki fungsi yang cukup penting dalam menentukan masa pakai suatu ban.

Pada umumnya, kebanyakan orang menentukan jadwal pergantian ban hanya melalui kondisi tapak ban. Seperti permukaan tapak ban yang sudah aus atau botak, kondisi ban pecah-pecah, atau mungkin kondisi ban yang sudah bocor.

Akan tetapi pabrikan ban kendaraan sudah menyediakan tanda segitiga TWI yang berfungsi sebagai petanda untuk mengatur jadwal pergantian ban kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: