Yuk, Pahami Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh Wanita yang Jarang Diketahui

Yuk, Pahami Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh Wanita yang Jarang Diketahui

Memahami fungsi hormon estrogen pada wanita.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hormon estrogen merupakan salah satu jenis Hormon yang diproduksi oleh ovarium. Hormon estrogen berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi, menunjang kehamilan yang sehat, hingga membantu menjaga kesehatan jantung. 

Bukan hanya itu, hormon estrogen juga dapat memengaruhi suasana hati, dan memori pada wanita. Namun jika kita mengalami kelebihan atau kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada wanita

Peran hormon ini tak lain yaitu mengendalikan dan mengatur aktivitas sel maupun organ-organ tertentu. Estrogen juga dikenal akan kaitannya dengan perkembangan tubuh, hingga suasana hati. 

Tingkat estrogen dalam tubuh wanita secara alami dapat meningkat selama kamu dalam masa subur. Namun, hormon ini dapat mengalami penurunan yang menyebabkan wanita mengalami menopause. Pada wanita, hormon ini diproduksi secara alami oleh ovarium. 

BACA JUGA:

Hormon ini punya banyak fungsi penting bagi tubuh wanita. Hormon ini terlibat dalam berbagai aspek kesehatan, mulai dari sistem reproduksi hingga psikologis. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang fungsi hormon estrogen lewat ulasan artikel di bawah ini.

Jenis Hormon Estrogen

Terdapat beberapa jenis hormon estrogen, yaitu:

1. Estron

Jenis estrogen ini ada di dalam tubuh wanita usai memasuki periode menopause. Estron bersifat lebih lemah dan dapat diubah tubuh menjadi bentuk estrogen lain jika diperlukan.

2. Estradiol

Estradiol terdapat di tubuh wanita maupun pria. Hormon ini umumnya hadir di tubuh wanita saat masa reproduksi. Kadar estradiol yang terlalu banyak dapat memicu jerawat, osteoporosis, kehilangan gairah seks, dan depresi. Kadar estradiol sangat tinggi dapat memperbesar risiko kanker payudara dan rahim. Di sisi lain, kadar estradiol yang sedikit bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular dan peningkatan berat badan.

3. Estriol

Kadar estriol akan bertambah selama kehamilan. Jenis hormon wanita ini membantu rahim tumbuh dan mempersiapkan kelahiran. Jumlah estriol akan memuncak sebelum melahirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: