Yuk, Pahami Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh Wanita yang Jarang Diketahui

Yuk, Pahami Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh Wanita yang Jarang Diketahui

Memahami fungsi hormon estrogen pada wanita.-Foto: Unsplash.com-

Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh Wanita

Memulai siklus menstruasi

Mengutip dari Hormone, estrogen berperan penting dalam siklus menstruasi wanita selama masa pubertas. Ketika beranjak usia subur, sekitar 15—49 tahun, produksi hormon wanita akan meningkat saat masa menstruasi. Pada masa itu, estrogen menebalkan lapisan rahim dan mematangkan sel telur sehingga siap melakukan pembuahan. Namun, ketika tidak terjadi pembuahan, sel telur akan keluar dan menjadi proses menstruasi. Pada saat itulah estrogen akan menurun ke angka normal.

Menjaga kesehatan jantung

Fungsi yang paling penting dari hormon ini adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hormon ini mampu menjaga jaringan kardiovaskular tetap sehat sehingga membantu tekanan darah tetap stabil.

BACA JUGA:

Memperkuat tulang dan gigi

Mengutip dari Healthy Women, estrogen membantu mencegah pengeroposan tulang dan gigi. Cara kerjanya, yaitu hormon ini bekerja sama dengan kalsium dan vitamin D untuk menguatkan tulang dan gigi. Sampai usia 30 tahun, tubuh lebih banyak bekerja untuk membentuk dan menguatkan tulang secara teratur. Ketika kadar hormon ini menurun atau setelah menopause, tubuh lebih sering mengalami keretakan dan pengeroposan tulang. Maka dari itu, wanita saat menopause kehilangan 20% massa tulang. 

Menjaga vagina dan saluran kemih

Tidak hanya memperkuat tulang, hormon estrogen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan vagina dan saluran kemih. Hormon yang satu ini menjaga vagina tidak kering, membuat dinding vagina tebal, dan meningkatkan gairah seksual. Ketika kadar estrogen rendah, vagina wanita akan lebih kering dan membuat nyeri saat berhubungan seksual. Lalu, bagaimana dengan saluran kemih? Saat kadar hormon ini menurun, lapisan uretra yang membawa urine dari saluran kemih ke luar tubuh mengalami penipisan.  Hal tersebut memicu wanita mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Maka dari itu, estrogen berfungsi agar lapisan uretra tetap tebal dan mengurangi risiko ISK.

Mengatur mood 

Estrogen memiliki efek yang cukup signifikan untuk kesehatan otak. Hormon ini diyakini memengaruhi bagaimana struktur otak terhubung, sel-sel otak berkomunikasi, dan sebagainya. Selain itu, fungsi hormon ini juga mengatur mood serta memiliki efek yang sangat kuat pada zat kimia otak bernama serotonin. Serotonin sendiri adalah bahan kimia penyeimbang suasana hati. Hormon estrogen bisa meningkatkan produksi serotonin.

Kesehatan kulit dan rambut

Estrogen memiliki sifat menarik air, sehingga salah satu manfaatnya untuk wanita adalah menjaga kelembapan kulit. Hormon ini juga membantu rambut tumbuh dengan lebat. Itulah beberapa fungsi estrogen untuk kesehatan wanita. Waspadai kekurangan estrogen karena hal ini bisa memicu gangguan seperti sakit kepala dan siklus haid berantakan.

Itulah beberapa fungsi hormon estrogen pada tubuh wanita yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: