Intip Religi: Mengenal 7 Sakramen Suci dalam Agama Katolik, Definisi dan Penjabarannya

Intip Religi: Mengenal 7 Sakramen Suci dalam Agama Katolik, Definisi dan Penjabarannya

--

Sakramen Ekaristi merupakan wujud dari rasa syukur keselamatan manusia dan kasih Allah Bapa yang terwujud dalam pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Dengan menerima sakramen ekaristi umat Katolik mengingat misteri penyelamatan melalui wafat, bangkit, kenaikan Yesus kristus ke surga. 

Dalam perayaan ekaristi pun seluruh umat Katolik semesta mengingat peristiwa perjamuan terakhir Yesus bersama para muridnya. 

3. Sakramen Krisma

Sakramen krisma bertujuan untuk menguatkan dan meneguhkan materai Roh Kudus yang telah diberikan kepada umat katolik setelah Pembaptisan. Dalam kitab suci perjanjian lama dan juga dalam Kateskismus 1293-1294, sakramen Krisma bermakna pembersihan, penyembuhan dan tanda penobatan.

BACA JUGA:Menpora Dito Beberkan Akan Berikan Beasiswa Atlet Peraih Emas, Perak dan Perunggu di ASG 2024

4. Sakramen Perkawinan dalam Ikatan Suci Pernikahan

Dalam hidup manusia (laki-laki dan perempuan) diberikan tugas untuk beranak cucu dan memenuhi bumi (Kejadian). Sebelum itu terjadi pasangan tersebut harus diikat dahulu menjadi satu dalam sebuah ikatan suci sakramen perkawinan. Dalam Gereja Katolik sakramen perkawinan sifatnya tidak terceraikan (Matius 19:6) dan kudus di hadapan Allah. 

5. Sakramen Tobat dan Rekonsiliasi

Sakramen ini pada dasarnya termasuk dalam kategori sakramen penyembuhan, dalam pengertian yang lebih spesifik sebagai penyembuhan iman dan rohani.

Dengan asumsi, setiap umat Katolik dan umat manusia umumnya, perlu dibersihkan dari dosa-dosa yang dilakukan sehari-hari, dengan sadar ataupun tanpa sadar. Dengan demikian, setiap orang yang sudah dibaptis, lalu melakukan dosa kembali, maka perlu bertobat atau menerima sakramen tobat.

6. Sakramen Tahbisan atau Imamat

Sakramen tahbisan terdiri dari tahap diakon, imam, dan uskup. Orang yang menerima tahbisan ini diangkat untuk melayani masyarakat Kristen dalam berbagai peran pastoral dan liturgis. Dengan kata lain, sakramen ini hanya diberikan kepada orang-orang yang terpilih, seperti biarawan dan biarawati.

BACA JUGA:Terbaru! All New Honda BeAT Street 2024 Tampil Beda, Berlimpah Fitur Canggih dan Modern

7. Sakramen Pengurapan Orang Sakit

Sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa di taman Eden, penderitaan dan penyakit menjadi salah satu pengalaman universal yang wajib dialami oleh setiap manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: