Intip Religi: Mengenal 7 Sakramen Suci dalam Agama Katolik, Definisi dan Penjabarannya

Intip Religi: Mengenal 7 Sakramen Suci dalam Agama Katolik, Definisi dan Penjabarannya

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Sakramen dalam gereja Katolik bisa disebut sebagai pusat ajaran agama. Kata sakramen bukan hanya ditemukan dalam karya tokoh-tokoh gereja Katolik seperti Turtullianus tetapi juga dalam berbagai dokumen kanonik Gereja.

Hal ini menandakan bahwa sakramen adalah bagian sentral dari ajaran dan doktrin umat Katolik. Dalam Katekismus Gereja Katolik, Sakramen dipahami sebagai tanda kehadiran Allah dalam hidup manusia. Atau tanda rahmat Allah yang berkhasiat, dilembagakan oleh Kristus dan dipercayakan kepada Gereja, yang karenanya kehidupan ilahi diberikan. 

Arti sakramen dalam agama Katolik adalah tanda yang terlihat, yang dapat ditangkap oleh panca indra. Sakramen memiliki arti sebagai tanda yang dilembagakan oleh Yesus dan dipercayakan kepada Gereja dengan rahmat dari Allah kepada para umatNya.

Istilah sakramen berasal dari kata dalam bahasa Latin, yaitu Sacramentum. Artinya adalah hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang ilahi. 

BACA JUGA:Pegi Setiawan dan Keluarga Jalani Pemeriksaan Psikologi Forensik, Begini Kata Polda Jawa Barat

Sakramen-sakramen

Dalam Gereja Katolik, istilah sakramen menunjuk pada 7 sakramen yang ditetapkan oleh Gereja sejak Konsili Lyon II pada tahun 1274. Ketujuh sakramen itu adalah permandian, ekaristi, krisma, perkawinan, pertobatan, tahbisan, pengurapan orang sakit. Tujuh sakramen bukanlah kebetulan. 

Angka tujuh merupakan simbol kesempurnaan. Secara tradisional, ada dua kriteria bagi penetapan sakramen. Kriteria pertama adalah sakramen-sakramen tersebut harus berdasar pada penetapan oleh Yesus sendiri. Gereja meyakini bahwa Yesus sendiri yang menetapkan ketujuh sakramen Gereja. Kriteria yang kedua adalah bahwa dalam perayaan liturgi, sakramen-sakramen selalu memiliki dua elemen yaitu tindakan simbolis dan kata-kata yang menjelaskan tindakan tersebut. 

Menurut ajaran resmi Gereja Katolik, istilah sakramen dimengerti sebagai tanda atau simbol yang kelihatan dari rahmat dan kehadiran Tuhan yang tidak kelihatan. Menurut Katekismus Gereja Katolik, sakramen merupakan tanda berdaya guna dari rahmat, ditetapkan oleh Kristus dan dipercayakan kepada Gereja, melaluinya kehidupan Ilahi. 

BACA JUGA:Pemkot Bogor Warning Pelaku Usaha: Ikuti Aturan dengan Lengkapi Izin atau Bakal Disanksi

7 Sakramen dalam Gereja Katolik 

1. Sakramen Baptis 

Baptis adalah sakramen pertama dan merupakan pintu masuk ke dalam hidup Kristen. Dalam pembaptisan, seseorang dibersihkan dari dosa asal dan menerima anugerah untuk menjadi anak Allah dan anggota gereja.

2. Sakramen Ekaristi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: