Cek Momen Apa Saja yang Ada di Setiap Tanggal 11 Juni, Salah Satunya Ada Hari Anak Nasional

Cek Momen Apa Saja yang Ada di Setiap Tanggal 11 Juni, Salah Satunya Ada Hari Anak Nasional

Ilustrasi kalender Juni 2024.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tanggal 11 Juni 2024 jatuh tepat di hari Selasa berdasarkan penanggalan masehi. Di tanggal ini tercatat ada serangkaian peringatan dan momen-momen yang dirayakan di berbagai belahan dunia. 

Libur nasional pada kalender Juni 2024 telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri. Sedangkan momen penting yang diperingati pada tanggal 11 Juni 2024 didasari peristiwa yang terjadi pada masa lalu dan diperingati setiap tahun pada tanggal tersebut. 

Lantas, apa saja sih peringatan serta momen yang diperingati setiap tanggal 11 Juni? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Hari Pemaridan Guru 

Pemaridan guru adalah salah satu hari suci umat Hindu di Bali. Pemaridan berasal dari kata Marid yang artinya ngelungsur atau memohon dan Guru yang merujuk pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Makna hari pemaridan guru adalah hari untuk ngelungsur waranugraha dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa Guru.

Pemaridan guru dirayakan pada Sabtu pon wuku galungan. Hari pemaridan guru diperingati dengan upacara yadnya yang bermakna umat menikmati waranugraha Dewata sebagai rangkaian hari raya galungan. Umat dianjurkan untuk dapat menghaturkan canang mereka dan matirta gocara.

Pada hari pemaridan guru dilambangkan dewata kembali ke surga dan meninggalkan anugerah berupa kadirghayusaan yaitu hidup sehat panjang umur.  

BACA JUGA:

Hari Anak Nasional

Jangan kaget ya kalau tercantum bahwa pada tanggal 11 Juni merupakan Hari Anak Nasional, tetapi ini nggak dirayakan di Indonesia, melainkan di Amerika Serikat. Amerika Serikat menganut sistem perayaan Hari Anak Nasional dengan menjadikan hari Minggu kedua di bulan Juni sebagai 'D Day'nya.

Oleh karena itu, tanggal perayaan dapat berubah setiap tahunnya. Contohnya pada tahun 2024, minggu kedua di bulan Juni akan jatuh pada tanggal 9 Juni.

Hal tersebut berbeda dengan perayaan Hari Anak yang dianut oleh beberapa negara lainnya yang menetapkan tanggal 20 November sebagai Hari Anak, yang mana tanggal tersebut berdasarkan kesepakatan PBB.

Hari Bom Benang Internasional 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: