Peringatan Setiap 6 Juni, Salah Satunya Ada Hari Lahir Presiden Pertama Indonesia

Peringatan Setiap 6 Juni, Salah Satunya Ada Hari Lahir Presiden Pertama Indonesia

Peringatan hari lahir Presiden Soekarno 6 Juni 2024-Foto: Instagram.com/@kemenko_pmk-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada hari ini Kamis, 6 Juni 2024 diperingati sebagai hari penting nasional dan internasional. Di Indonesia sendiri, ada peringatan hari lahir Presiden pertama Indonesia Soekarno. 

Secara internasional, ada peringatan Hari Hama Sedunia, Hari Atap Hijau Internasional, dan Hari Bahasa Rusia PBB. Setiap hari yang terjadi di dunia ini pasti bertepatan dengan hari-hari besar yang dirayakan oleh orang-orang di berbagai belahan negara. 

Perayaan tersebut pun tidak diadakan tanpa alasan, tapi ada latar belakang atau sejarah di balik terciptanya hari penting tersebut. Nah, berikut ulasan masing-masing hari peringatan yang jatuh pada 6 Juni yang dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Hari Lahir Presiden Soekarno 

Tanggal 6 Juni terdapat peringatan hari lahir tokoh nasional Bangsa Indonesia yakni Soekarno. Presiden Indonesia pertama itu lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur dengan nama kecilnya Kusno Sosrodihardjo. 

Ia merupakan anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno kecil dirawat oleh kakaknya yang bernama Raden Hardjodikromo di Tulungagung lalu kembali tinggal bersama dengan kedua orangtuanya pada 1909 di Mojokerto. Di Mojokerto, Soekarno kecil mulai mengenyam bangku pendidikan. 

Kebetulan, sang ayah ditugaskan sebagai kepala Eerste Inlandse School dan Soekarno pun sekolah ditempat itu. Dulunya, pria yang dikenal dengan Bung Karno itu memiliki nama asli Kusno.

Namun lantaran sakit-sakitan, Ia kemudian mengganti namanya dari Kusno menjadi Soekarno. Soekarno dikenal dengan kepintarannya.

Tidak heran bila sudah banyak pengalaman pendidikan yang diraihnya.  Kecerdesannya membuat Bung Karno menjadi salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ia menjabat sebagai Presiden RI pertama dari 1945 hingga 1966.  Soekarno dikenal sebagai tokoh nasional yang memimpin Indonesia melawan penjajahan hingga akhirnya Indonesia dikenal dunia. 

Hari Hama Sedunia

Secara internasional, tanggal 6 Juni diperingati sebagai Hari Hama Sedunia (World Pest Day). Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang pengelolaan hama yang efektif dan bermanfaat bagi kualitas hidup manusia dan tanaman.

Hama adalah organisme yang menyebarkan penyakit, menyebabkan kerusakan, atau menimbulkan gangguan. Berbagai metode digunakan untuk mengendalikan hama, termasuk pestisida, agen pengendali biologis, perangkat elektronik, dan sarana fisik.

Mengutip National Today, Hari Hama Sedunia atau yang juga dikenal sebagai Hari Kesadaran Hama Sedunia (World Pest Awareness Day) ini merupakan sebuah inisiatif dari Asosiasi Pengendalian Hama Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: